Majene Antarpulaukan 700 Ekor Sapi

id distanak majene, antarpulau sapi, idul adha, achmad rezki

Majene, Sulbar (ANTARA News) - Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, mengantarpulaukan sapi potong sebanyak 700 ekor ke sejumlah kabupaten di Kalimantan menjelang hari Raya Idul Adha 1433 hijriah.

"Majene secara rutin melakukan pengiriman sapi ke beberapa daerah di Kalimantan dna khusus menjelangIdul Adha ini, pengiriman sudah mencapai 700 ekor," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Majene, Achmad Rezki di Majene, Rabu.

Dia mengaku, tingginya permintaan sapi dari Kalimantan tidak hanya terjadi pada Idul Adha. Pada hari biasa, sapi asal Majene juga sering dikirim ke daerah tersebut.

Stidaknya dilakukan pengiriman sekitar 100 hingga 400 ekor perbulan, apalagi jika terdapat persediaan sapi yang memadai dari sejumlah peternak, jumlah pengiriman bisa jauh lebih besar lagi.

"Tidak hanya memenuhi kebutuhan di luar pulau, beberapa kebutuhan di daerah Sulawesi Selatan, seperti di Kabupaten Bulukumba dan Bone juga kita penuhi. Termasuk beberapa kebutuhan di Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar," lanjutnya.

Achmad menyebutkan populasi sapi di Majene sesuai data sementara tahun 2012 sebanyak 12.641 ekor. Namun, tidak semua populasi siap untuk di jual sebab sebagian di antaranya masih muda dan merupakan sapi betina produktif.

"Biasanya, untuk pengiriman sapi ke luar pulau seperti Kalimantan, kualitas sapi yang dikirim merupakan kualitas terbaik dengan usia rata-rata antara tiga hingga lima tahun sebab itu merupakan permintaan pasar di Kalimantan," tukasnya.

Harga rata-rata sapi yang dikirim antara Rp9 juta hingga Rp12 juta per ekor, sementara untuk kebutuhan lokal dan sekitarnya hanya sekitar Rp6,5 juta hingga Rp8,5 juta per ekor.

Distanak berharap, populasi sapi Majene bisa semakin ditingkatkan melihat tingginya peluang bagi peternak untuk memasarkan sapinya hingga ke luar pulau. Selain itu, dengan tingginya permintaan dari daerah lain, secara otomatis harga yang dipatok juga lebih tinggi. (T.KR-AHN/S016)
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar