FOPI Fokus Pembentukan Pengda Se-Sulsel

id petangue, fopi sulsel

"Kami berharap bisa membentuk kepengurusan di 10 kabupaten/kota pada 2017...
Makassar (Antara Sulsel) - Pengurus provinsi Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sulawesi Selatan kini fokus dalam pembentukan kepengurusan cabang di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan demi meningkatkan pembinaan dan memasyarakatkan cabang tersebut.

Sekretaris Umum FOPI Sulsel, Dr Wahyudin di Makassar, Sabtu menyatakan untuk program jangka pendek yang menjadi fokus mereka yakni diharapkan bisa membentuk hingga 10 kepengurusan daerah pada 2017.

"Kami berharap bisa membentuk kepengurusan di 10 kabupaten/kota pada 2017. Kami sudah melakukan berbagai upaya mengarah kesana agar petanque bisa lebih dikenal dan digemari," katanya.

Untuk daerah yang menjadi incaran pembentukan kepengurusan itu diantaranya Makassar, Kabupaten Gowa, Bantaeng dan beberapa daerah lain.

Mengenai upaya yang dilakukan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan pihak dispora dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) daerah setempat. Baik KONI dan Dispora juga diharapkan bisa membantu mencarikan sosok yang dianggap punya komitmen dalam mengurus olahraga khususnya petanque.

"Untuk saat ini kami sudah membentuk kepengurusan di Kabupaten Sinjai. Kami tentunya berharap beberapa daerah lain d 2017 nanti juga sudah ada kepengurusan sehingga potensi mendapatkan atlet berkualitas semakin besar," jelasnya.

Terkait potensi olahraga itu bisa menjadi unggulan Sulsel dalam perebutan medali di kejuaraan nasional khususnya PON, dirinya mengaku optimistis.

Hal itu tentunya berdasarka pencapaian atlet Sulsel saat tampil dalam laga eksibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September 2016.

Pada ajang eksibisi tersebut, kata dia, pihaknya mampu merebut satu medali perak dan perunggu. Pencapaian ini tentu begitu spesial mengingat Sulsel di laga tersebut memang tidak memberikan target khusus terhadap tim.

Ketua FOPI Sulsel, Fahruddin Rangga, sebelumnya mengaku terus melakukan sosialisasi di berbagai kampus dan lokasi untuk bisa menarik masyarakat agar menggemari olahraga asal Perancis tersebut.

Pihaknya juga berharap cabang olahraga ini bisa memberikan kontirbusi besar bagi Sulsel baik pada ajang tingkat nasional hingga internasional ke depan.

"Setelah pengurus FOPI resmi dilantik tahun ini, kami memang terus berupaya mencari atlet dari kalangan mahasiswa dan umum untuk bisa bergabung," katanya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar