Rabu, 18 Oktober 2017

Sekda Gowa Buka Bimtek Evaluasi LPPD

id Sekda Gowa, Bimtek, LPPD
Sekda Gowa Buka Bimtek Evaluasi LPPD
Sekda Gowa H Muchlis memberikan sambutan saat membuka Bimtek Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa Tahun 2016 di Makassar, Selasa malam (8/8). (FOTO/Humas Gowa)
Makassar (Antara Sulsel) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan Muchlis membuka secara resmi bimbingan teknis (bimtek) Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2016 terkait peningkatan pemahaman dalam penyiapan dokumen.

"Dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dalam meningkatkan kualitas laporan yang lebih baik, dari hasil laporan tersebut dapat diketahui sejauhmana capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dalam kurun waktu satu tahun," ujar Muchlis di salah satu hotel di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, LPPD ini merupakan salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintahan daerah yang merupakan dasar evalusi pemerintah terhadap pelaksanaan pemerintahan daerah sekaligus sebagai bahan pembinaan lebih lanjut.

Sekda Gowa juga berpesan agar para peserta betul-betul mengikuti dengan baik kegiatan tersebut agar pengetahuan yang didapatkan bisa diaplikasikan.

"Kegiatan ini dapat menyamakan persepsi khususnya para pimpinan SKPD agar dapat membantu tim penyusun LPPD untuk menyediakan sejumlah data dan dokumen pendukung yang dibutuhkan dalam penilaian LPPD, berhasil tidaknya dalam penilaian tersebut sangat ditentukan dari kerjasama SKPD itu sendiri," pesannya kepada seluruh peserta Bimtek LPPD ini.

Adapun peserta bimtek, semuanya yang berjumlah 44 orang itu dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa yang bertindak sebagai penanggung jawab data dan pelaporan mengikuti Bimbingan Tekhnis Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun 2016.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman tim perencana di setiap SKPD/instansi lingkup Pemkab Gowa dalam menyediakan data dan dokumen Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Muhammad Basir mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tentang bagaimana penyusunan LPPD secara lebih baik.

"LPPD ini merupakan indikator utama dalam menilai progress report keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah," katanya.

Lebih lanjut, Kabag Pemerintahan dan Otoda ini mengatakan, dengan di gelarnya bimtek ini semua peserta agar serius dalam mengikutinya, sehingga dapat mengurangi kendala-kendala pada saat pengumpulan data.

"Kita berharap di penilaian LPPD tahun 2016 ini, kita bisa memperbaiki peringkat kita, baik dari segi jumlah nilai atau poin yang kita peroleh harus terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," harapnya.


Editor: Suriani Mappong

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga