Psikolog: Beri Ruang Anak Bereksplorasi Tumbuhkan Kepercayaan

id psikolog, ratin ibrahim, explore your world, nestle

Psikolog: Beri Ruang Anak Bereksplorasi Tumbuhkan Kepercayaan

Anak-anak bermain di wahana kebun bunga pada Nestle Dancow Explore Your World di Mall Panakukkang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (07/10). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani

Makassar (Antara Sulsel) - Psikolog Ratin Ibrahim mengatakan, perlu memberi ruang bagi anak untuk bereksplorasi dalam menumbuhkan kepercayaan diri sang anak.

"Dengan memberikan ruang dan kesempatan bereksplorasi, maka anak akan tumbuh berkembang dan memiliki kepercayaan diri," kata Ratih pada "Explore your World" inovasi baru Nestle Dancow di Makassar, Sabtu.

Menurut dia, untuk mendukung perkembangan anak itu, peran ayah dan ibu sangat penting dalam mendorong anak bereksplorasi menemukan hal-hal yang baru.

"Melalui eksplorasi anak itu dapat memupuk kemandirian anak. Kondisi ini tentunya bergantung pada lingkungannya," katanya.

Sementara itu Dokter Spesialis tumbuh kembang anak dr Bernie Messenger, SpA (K) mengatakan, nutrisi yang baik akan membantu anak dalam bereksplorasi.

"Dengan nutrisi yang baik juga akan mencegah anak jatuh sakit yang diakibatkan saluran pernafasan dan saluran cerna yang bermasalah," katanya.

Hal ini mengingat dari total anak di Indonesia sekitar 40 persen diantaranya mengalami infeksi pernapasan atas (ISPA) dan 21,2 persen mengalami diare.

Sementara itu Brand Manager Dancow Advance Exelnutri+Nestle Indonesia Alvin Wiradarma mengatakan kehadiran produk inovasi Nestle Dancow yakni Advanced Exelnutri+ dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Dia mengatakan, kehadiran "Explore your world" di Makassar menjadi lokasi yang keenam untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan masyarakat, khususnya anak-anak dalam mengeksplorasi diri dengan beragam wahana yang disiapkan panitia.

"Target kunjungan ke `eksplore your world` ini, sebanyak 6.000 orang, namun ternyata mencapai 8.000 orang lebih," katanya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar