Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin Khairul Saleh mengemukakan ppiihaknya mendapat 8.000 lembar blanko pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

"Baru saja kita mendapat kiriman blanko pembuatan KTP-el sebanyak 8.000 lembar dari Kementerian Dalam Negeri," ujarnya di Banjarmasin, Jumat.

Menurut Khairul Saleh, blanko sebanyak 8.000 lembar ini akan langsung digunakan untuk mencetak KTP-el warga yang sudah melakukan perekaman.

"Sebenarnya jumlah ini pas-pasan karena warga yang sudah lakukan rekam identitas belum dibuatkan KTP-el itu hampir sebanyak itu juga," terangnya.

Memang idealnya, ungkap Khairul Saleh, persediaan blanko KTP-el itu sebanyak 9.000 an, yakni, melayani untuk pembuatan KTP-el yang pindah domisili atau rusak.

"Terpaksa sementara ini untuk kepengurusan perbaikan KTP-el, mungkin karena patah atau pindah domisili, dibuatkan menunggu kiriman blanko selanjutnya," ucap Khairul Saleh.

Karenanya, ujar dia, ada rencana pada APBD perubahan tahun ini diajukan anggaran untuk hibah ke Kemendagri guna pengadaan blanko KTP-el ini melalu Kemendagri.

"Ada beberapa daerah lain yang bisa melakukan hal seperti itu, daerah kita bisa mengikuti," tuturnya.

Sehingga, ucap Khairul Saleh, kekurangan blanko untuk pembuatan KTP-el ini bisa terpenuhi, tidak hanya menunggu pusat.

"Kita membantu pusat lah istilahnya," ujarnya.

Khairul Saleh mengungkapkan, bahwa permohonan pembuatan KTP-el setiap harinya mencapai 50 orang, khususnya bagi usia yang baru genap.

"Untuk fasilitas perekaman data pribadi pembuatan KTP-el di kecamatan, semuanya baik," pungkasnya.
 

Pewarta : Sukarli
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024