Mamuju (ANTARA) - Seorang penumpang KM Laskar Pelangi yang tiba di Pelabuhan Simboro Kabupaten Mamuju, Rabu, dievakuasi menuju RSUD Regional Sulawesi Barat akibat terdeteksi mengalami demam tinggi.

Penumpang berjenis kelamin perempuan yang diperkirakan berusia 20-30 tahun itu, dievakuasi dari KM Laskar Pelangi setelah petugas pelabuhan mendeteksi suhu tubuhnya mencapai 37,9 derajat celsius.

"Memang benar salah seorang penumpang KM Laskar Pelangi, dideteksi mengalami demam tinggi dan suhu tubuhnya mencapai 37,9 derajat celsius," kata Kepala Satuan Pelayanan Penyeberangan Mamuju Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Eliawati.

Dari pantauan, penumpang asal Balikpapan yang hendak berlibur ke Mamuju tersebut langsung mendapatkan prosedur penanganan COVID-19 setelah petugas mendeteksi suhu tubuhnya mencapai 37,9 derajat celsius.

Petugas kemudian menyemprotkan desinfektan pada penumpang tersebut sebelum dievakuasi menuju ruang karantina di Pelabuhan Simboro Mamuju.

Para petugas terlihat menggunakan tandu dan alat seadanya, yakni hanya menggunakan masker dan sebagian menggunakan sarung tangan, tanpa menggunakan alat pelindung diri (APD), sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

Setelah beberapa saat berada di ruang karantina Pelabuhan Simboro Mamuju, penumpang bersuhu tubuh tinggi itu kemudian dievakuasi ke RSUD Regional Sulbar menggunakan ambulans.

Di RSUD Regional Sulbar, penumpang tersebut langsung ditempatkan di ruang isolasi yang telah disiapkan.

"Penumpang bersuhu tubuh tinggi itu dievakuasi ke RSUD Regional Sulbar untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Eliawati.*

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024