Mamuju (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, menyiapkan sebanyak 6.597 "face shield" atau pelindung wajah untuk mencegah penyebaran COVID-19 di 773 tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020.

Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum dan Logistik Sekretariat KPU Mamuju Aswan Husain, Jumat, mengatakan sebagian besar kelengkapan pelaksanaan pemungutan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju itu sudah tiba di gudang logistik KPU setempat.

"Hari ini, beberapa kelengkapan untuk penerapan standar protokol kesehatan di setiap TPS seperti 'face shield', ember, dan semprotan air sudah tiba di gudang logistik KPU Mamuju," kata Aswan.

Menurut dia, sebanyak 6.597 pelindung wajah itu akan dibagikan kepada 6. 597 petugas yang bertugas di 733 TPS.

"Jadi, alat pelindung wajah itu akan diberikan kepada petugas yang ada di setiap TPS, yakni tujuh anggota KPPS dan dua anggota Linmas. Pada pemilihan Bupati dan Wakl Bupati Mamuju 2020 ini terdapat 733 TPS," kata Aswan.

Selain alat pelindung wajah, kelengkapan protokol kesehatan untuk pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Mamuju yang sudah ada di gudang logistik KPU setempat, yakni sebanyak 1.466 ember untuk pencuci tangan dan 1.466 alat penyemprot.

"Di setiap TPS akan disiapkan masing-masing dua ember dan alat penyemprot sehingga total ember dan alat penyemprot yang ada, masing-masing sebanyak 1.466 buah," ujar Aswan.

Sementara, kelengkapan lain yang masih dalam proses pengiriman pihak ekspedisi, yakni formulir di TPS, alat tulis seperti spidol, alat coblos serta formulir pendukung lainnya.

"Walaupun sebagian belum datang, tetapi tidak akan menghambat tahapan karena logistik utama seperti surat suara dan kotak suara sudah ada. Biliknya juga sudah siap dipasang," kata Aswan.

Ia memastikan pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju pada 9 Desember 2020 akan dilaksanakan sesuai standar protokol kesehatan.

"Jadi, alat kelengkapan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 sudah disiapkan sehingga kami pastikan, pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2020 di Mamuju akan berlangsung sesuai protokol kesehatan," kata Aswan.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024