Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) kembali menyalurkan bantuan sosial berupa paket kebutuhan pokok kepada nelayan di Pulau Karampuang Kabupaten Mamuju.

"Hari ini, kami kembali menyalurkan paket kebutuhan pokok kepada warga rentan terdampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) di Pulau Karampuang," kata Direktur Binmas Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Andarias, di Mamuju, Rabu.

Bantuan sosial berupa paket kebutuhan pokok tersebut didistribusikan melalui Dermaga Mamuju dengan menggunakan speedboat milik Direktorat Polairud Polda Sulbar.

Kedatangan personel Polda Sulbar di pulau yang berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Timur itu disambut antusias warga Pulau Karampuang.

"Masyarakat di Pulau Karampuang umumnya bekerja sebagai nelayan. Kalau mau pergi melaut pastinya mereka membeli BBM jenis solar. Nah, melalui bantuan ini kami berharap dapat meringankan beban para nelayan akibat penyesuaian harga BBM itu," ujar Andarias.

Sebelum menyalurkan bantuan sosial ke para nelayan di Pulau Karampuang lanjutnya, pihaknya telah mendistribusikan ratusan paket kebutuhan pokok di tiga desa, yakni Desa Saletto, Salupangi dan Desa Pati, di Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju.

"Tadi kami membawa ratusan paket kebutuhan pokok dan sebagian sudah kami salurkan ke warga yang ada di tiga desa, dan Pulau Karampuang adalah lokasi terakhir penyaluran untuk hari ini," terang Andarias.

Penyaluran bantuan sosial juga secara masif dilakukan Polres Majene kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Penyaluran bantuan sosial ini merupakan bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat yang terdampak penyesuaian harga BBM, dengan harapan bisa sedikit meringankan beban kebutuhan ekonomi sehari-hari," kata Kasat Binmas Polres Majene Ajun Komisaris Polisi Soewarno Kasimin.

Ia menyampaikan bahwa pada penyaluran bantuan sosial itu, dilakukan dengan melihat langsung kondisi warga yang pantas didahulukan untuk menerima paket kebutuhan pokok sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran.

"Hal seperti ini akan tetap kita laksanakan secara berkesinambungan dengan harapan, warga bisa memanfaatkan semua yang kita berikan untuk mengurangi beban atas apa yang terjadi saat ini," kata Soewarno Kasimin.

Sementara, Lurah Lalampanua Muhammad Azhar Ambo, mewakili pemerintah Kecamatan Pamboang dan masyarakat menyampaikan.terima kasih kepada pihak kepolisian, khususnya Polres Majene yang telah memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga yang kurang mampu.

"Semoga kegiatan ini bernilai ibadah dan ke depannya Polri semakin jaya," katanya.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024