Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) mulai menyalurkan logistik pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2022 ke daerah terluar, pada Senin.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) pada acara pelepasan berpesan agar pilkades tahun ini bisa berjalan dengan kondisi aman dan bebas COVID-19.

"Saya titipkan, agar pelaksanaan pilkades berjalan aman jangan sampai ada konflik apalagi anarkis," ujar Yusran yang didampingi Dandim 1421 Pangkep, Kapolres Pangkep, Sekretaris daerah(Sekda) dan Kepala DPMD, di Halaman Kantor Bupati Pangkep.

Sementara itu, Kepala DPMD Pangkep Djajang mengatakan untuk hari ini disalurkan logistik pilkades untuk kecamatan Liukang Tangaya.

Sementara untuk logistik wilayah Kecamatan Liukang Kalmas akan disalurkan 1 Desember, sementara untuk wilayah daratan disalurkan 3 Desember 2022.

"Kenapa kita dahulukan ke Liukang Tangaya, karena medannya jauh dan berjauhan TPSnya sehingga dibutuhkan waktu lebih untuk mobilisasi," katanya.

Distribusi logistik ke Kecamatan Liukang Tangaya mendapat pengawalan ketat oleh pihak keamanan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas.

Pemilihan kepala desa serentak (pilkades) 31 desa se Kabupaten Pangkep direncanakan dilaksanakan 5 Desember 2022.

Sebanyak 31 desa yang akan melaksanakan pilkades, 24 desa berada di wilayah kepulauan dan tujuh desa wilayah daratan.

Sementara itu, tahapan pilkades dimulai 19 September 2022. Olehnya itu, DPMD melakukan sosialisasi peraturan bupati tentang mekanisme pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2022 sebagai pedoman pelaksanaan pilkades.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024