Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc melepas tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk berlaga di ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-37 di Makassar, Jumat.

Pada Pimnas 37 ini, Unhas meloloskan 38 tim yang terdiri dari 187 mahasiswa. Pimnas tahun ini diselenggarakan Puspresnas bekerja sama dengan Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur pada 14-19 Oktober.

Rektor Unhas dalam sambutannya mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh mahasiswa dan dosen pendamping yang akan berlaga di Pimnas 37.

“Tanamkan semangat kompetisi untuk menang, Bismillah harus ada semangat itu. Percaya diri adalah kuncinya. Tampil percaya diri beda dengan sombong, humble but confident,” pesannya.

Pada kesempatan ini, Prof JJ juga menyampaikan harapannya agar kedepannya prestasi Unhas dapat lebih baik lagi. Ia juga berharap akan hadir inovasi-inovasi baru yang dapat dikembangkan untuk memaksimalkan prestasi Unhas di Pimnas.

“Untuk kedepannya saya berharap kita lebih baik dari tahun ke tahun. Bagi saya kompetisi ini harus didorong karena memberikan peningkatan kapasitas mahasiswa di berbagai aspek. Barangkali ada inovasi baru, misalnya kita buat Pimnas kecil di level fakultas,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Unhas Abdullah Sanusi PhD dalam pemaparannya menyebut bahwa prestasi Unhas pada Program Kreativitas Mahasiswa terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Jumlah tim yang lolos ke Pimnas mengalami peningkatan. Di 2022 Unhas peringkat 6 dengan 12 tim dan tahun ini peringkat tiga nasional dengan 38 tim,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa proses menuju Pimnas telah dilalui dengan serangkaian program yang dimulai pada akhir tahun 2023 pada tahapan sosialisasi, hingga hari ini dilakukan pelepasan menuju Pimnas 37, telah berlangsung selama 303 hari.

Pelepasan tim Unhas ini ditandai dengan penyematan jaket oleh Rektor Unhas kepada perwakilan mahasiswa. Juga penyerahan bendera kontingen oleh Rektor ke Koordinator Lapangan drg. Nursyamsi MKes.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024