Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Peternakan Pemerintah Provisi Sulawesi Selatan melakukan pemeriksaan kepada sejumlah hewan kurban guna mengantisipasi penyebaran virus antraks di sejumlah titik penampungan sapi hewan kurban di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Pemeriksaan tersebut menyusul ditemukan kasus sapi kurban yang terjangkit virus antraks di Kabupaten Maros, Sulsel yang mati mendadak akibat virus tersebut beberapa hari yang lalu.

"Kita lakukan pemeriksaan kesehatan mulai mata, hidung dan darah sapi untuk di ketahui apakah sapi tersebut sehat atau terjangkit," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Pemprov Sulsel, H Syamsul Bahri disela pemeriksaan di jalan Sunu Makassar.

Tidak hanya pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban, pihaknya juga memeriksa umur sapi apakah sudah layak dijadikan hewan kurban pada saat Idul Adha 2017 nanti.

"Dari gigi sapi sudah bisa diketahui usianya berapa tahun. Disini ada beberapa belum cukup 2,5 tahun sudah dijual, padahal syaratnya umurnya harus diatas itu," sebut dia,

Pemeriksan sapi-sapi tersebut, ujarnya, untuk memastikan masyarakat mengkonsumsi daging segar dan higienis dan tidak mempunyai penyakit, sebab virus antraks yang berada di dalam daging hewan cukup berbahaya bila dikonsumsi secara berkelanjutan.

"Kami berusaha melakukan antisipasi terkait dengan penyebaran virus tersebut. Masyarakat dihimbau berhati-hati membeli daging atau sapi yang membawa virus itu kalau belum mendapatkan surat layak potong dari dinas terkait," tuturnya.

Sebelumnya, petugas kesehatan membawa lab mobile di jalan Sunu untuk memeriksa kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan mulai dari mata, hidung, telinga, gigi hingga darah diperiksa. Disebutkan dalam syarat berkurban bahwa sapi atau ataupun kambing tidak cacat telinga dan ekor.

Untuk usia Usia kambing minimal 1,5 tahun, dan Sapi 2,5 tahun tidak catat dan berpenyakitan serta sehat dan memiliki berat ideal serta mempunyai surat hasil pemeriksaan dari dinas terkait kabupaten kota setempat.

Rencananya, Dinas Peternakan Pemprov Sulsel akan melanjutkan pemeriksaan pada titik-titik penampungan hewan kurban yang tersebar di sejumlah kecamatan di Makassar guna memastikan tidak terjangkitnya virus Antraks serta tidak melanggar syarat seperti yang disebutkan tadi.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024