tim robot PNUP juara KRI 2018

id lomba robot,PNUP,juara I

Politeknik Negeri Ujung Pandang (Istimewa)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Dua robot karya mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil memukau tim juri dan tampil sebagai pemenang di dua kategori pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 Regional II di Universitas Tarumanagara Jakarta, 10-12 Mei 2018.

Dua tim robot PNUP Makassar yang berhasil meraih juara pertama pada dua kategori yang berbeda yakni kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

"Kegiatan KRI diselenggarakan secara rutin agar mahasiswa selalu terpacu untuk berkarya di ajang kreativitas robotik serta selalu berkreasi dalam aplikasi robotik sehingga mampu mengikuti perkembangan dunia robotik yang penggunaannya semakin massif dalam dunia industri masa depan," kata Pembantu Direktur III PNUP Muslimin, MT MHum.

Tim robot PNUP yang bernama CMCS_ART tampil sebagai juara I dan penampilan terbaik di kategori KRSTI setelah mengalahkan tim robot ITB dan Universitas Telkom.

Sementara itu, tim C-Dragold_MP yang sukses mengalahkan tim robot ITB dan Universitas Tadulako membawa tiga piala sekaligus karena selain berhasil sebagai juara I juga berhasil tampil sebagai desain terbaik dan strategi terbaik untuk kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

KRI 2018 merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kemenristekdikti untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapai era evolusi industry 4.0 dimana robot telah melekat dalam berbagai aktivitas manusia.

KRI 2018 dibagi menjadi empat regional dimana untuk KRI Regional II di Jakarta diikuti oleh 95 tim robot dari 44 perguruan tinggi negeri dan swasta dari wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi.

Pertandingan KRI diawali dengan pertarungan di tingkat regional yang kemudian pemenang setiap kategori berhak melaju ke kontes robot tingkat nasional yang akan di gelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 11-14 Juli mendatang.

Pemenang dari pertandingan di tingkat nasional tersebut selanjutnya akan mewakili tim Indonesia untuk berlaga di tingkat internasional.

Ditambahkan lagi olehnya bahwa melalui perlombaan tersebut dapat ditumbuhkan suatu iklim yang sehat dalam berkompetensi di antara sesama mahasiswa dan juga untuk mengembangkan sistem teknologi di bidang robotika.

Sementara itu Direktur PNUP Dr Ir Hamzah Yusuf MS, memberikan apresiasi kepada tim robot PNUP karena mampu menumbang tim-tim robot yang biasanya didominasi dari perguruan tinggi terkenal di Jawa.

Menghadapi ajang nasional nanti, tim robot PNUP diharapkan berjuang lebih keras lagi untuk bisa tampil sebagai pemenang dan mengulang kesuksesan KRI 2013 lalu dimana tim robot PNUP berhasil menjadi juara 1 untuk kategori KRSTI tingkat nasional.

Untuk itu, Direktur PNUP berharap agar para mahasiswa dan pembina tim robot CMCS_Art dan C-Dragold_MP bisa menambah kemampuan dan pengetahuan untuk membuka peluang lebih besar maju ke level internasional.



 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar