KPU Sinjai lantik 18 anggota PPK tambahan

id kpu sinjai,ppk tambahan,andi seti gadhista asapa,bupati sinjai

Suasana pelantikan anggota PPK tambahan dan PPS PAW Kabupaten Sinjai menghadapi Pemilihan Umum serentak 17 April 2019 di Lapangan Sinjai Bersatu, Rabu (2/1/2019). (FOTO/HO/Humas Pemkab Sinjai)

Sinjai (Antaranews Sulsel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai melantik 18 orang anggota Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) tambahan dan 11 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pergantian Antar Waktu (PAW) menghadapi Pemilihan Umum serentak 17 April 2019.

"Anggota PPK dan PPS nantinya akan dibantu relawan demokrasi pemilu yang akan direkrut pada akhir Januari 2019, sebanyak 55 yang akan ditingkatkan dengan pemberian bimbingan teknis/sosialisasi/penyuluhan dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemilu serentak damai tahun 2019 yang terdiri dari 11 basis relawan demokrasi," kata Ketua KPU Sinjai Muhammad saat melantik anggota PPK tambahan dan PPS PAW yang disaksikan Bupati Sinjai Ani Seto Gadhista Asapa di Lapangan Sinjai Bersatu, Rabu.

Menurut dia, Pemilu serentak tahun 2019 pertama kali dilaksanakan untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan presiden dan wakil presiden.

"Tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 yang telah berjalan tentunya memerlukan konsentrasi para anggota PPK dan PPS, agar pemilu tidak terganggu dan dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Muhammad Naim menambahkan  anggota PPK tambahan dua orang untuk setiap kecamatan dilakukan pasca terbitnya putusan  Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 tentang jumlah anggota PPK dari tiga orang menjadi lima orang dan surat edaran KPU.

"Sebelumnya, setiap kecamatan hanya tiga orang anggota PPK. Namun dengan adanya penambahan dua orang, maka setiap kecamatan anggota PPK menjadi lima orang, dengan jumlah seluruhnya 45 orang pada sembilan kecamatan di Kabupaten Sinjai," katanya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Ghadista Asapa berharap anggota PPK dan PPS yang telah dilantik agar bisa menjalankan tugas dengan amanah yang diberikan,  mengedepankan indepedensi dan obyektif  sehingga penyelengaraan pemilu dapat berjalan sukses, damai, jujur dan adil.

"Kesuksesan penyelenggaraan pemilu tidak hanya dilihat dari segi prosedural tetapi juga dari segi subtansial," ujar Andi Seto.

Menurut bupati, kesuksesan prosedural dapat dilihat apabila tahapan dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sedangkan kesuksesan subtansial dapat dilihat apabila menghasilkan pemimpin yang aspiratif yang mampu membawa kemakmuran bagi masyarakat.

"Mari kita kawal pelaksanaan pemilihan umum tahun 2019 agar berjalan aman, damai, lancar, sukses, dan tertib," tuturnya.

Acara ini dihadiri anggota DPRD Sinjai, para Forkopimda Sinjai, Ketua dan Anggota KPU Sinjai, Pimpinan Bawaslu, Sekertaris KPU, anggota PKK dan PPS se-Kabupaten Sinjai.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar