Mahasiswa PNUP ajak masyarakat berinternet aman dan sehat

id pnup,internet,seins,donni bu,Digital Literacy Officer

Mahasiswa PNUP ajak masyarakat berinternet aman dan sehat

Pemateri Donni BU saat tampil pada seminar nasional Internet Aman dan Sehat (SEINS) di Baruga Anging Mammiri rumah jabatan Walikota Makassar, Sabtu (2/3/2019). (Istimewa)

Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi D4 Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar Seminar Nasional Internet Aman dan Sehat (SEINS) di Baruga Anging Mammiri rumah jabatan Walikota Makassar, Sabtu.

Dosen TKJ PNUP Fajri Raharjo mengatakan, kegiatan ini diikuti mahasiswa dari berbagai universitas baik negeri dan swasta yang ada di kota Makassar termasuk pula masyarakat umum dari berbagai kalangan.

SEINS ini untuk mengajak para penikmat dan penggiat internet agar lebih memahami keamanan data-data yang disebarkan melalui internet. Selain itu juga untuk mengedukasi bagaimana berinteraksi di internet dengan sehat, katanya.

Seminar tersebut menghadirkan dua pemateri yaitu Donny BU yang merupakan pendiri sekaligus sebagai Digital Literacy Officer dari ICT Watch (Internet Sehat) Indonesia dan Zulkarnain Masyhur yang merupakan Chief Security Officer dari Software Developer WASD Labs.

Donny yang juga merupakan staff ahli bidang Literasi Digital dan Tata Kelola Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia menjelaskan bahwa saat ini berdasarkan survei penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia yang telah dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Bahkan berdasarkan data APJII disebutkan pengguna internet pada tahun 2017 telah mencapai 143,26 juta jiwa atau setara dengan 54,68 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia (2018).

Dengan jumlah yang sebanyak itu, diperlukan adanya edukasi yang tepat kepada para pengguna internet mengenai bagaimana cara menggunakan internet dengan baiktanpa banyak menimbulkan dampak negatif.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar