Generasi muda diharapkan berperan di sektor ketenagakerjaan

id Kegiatan kepemudaan, buka peran pemuda di dunia kerja, Makassar

Generasi muda diharapkan berperan di sektor ketenagakerjaan

Ketua panitia "Internasional Youth 2019" Andhika eka putra disela kegiatan Hari Kepemudaan di Benteng Rotterdam, Makassar, Sabtu (31/08/2019). ANTARA Foto/Ardi

Jadi dengan adanya acara ini bisa membuktikan bahwa kita sebagai anak muda di Makassar, khususnya, di Sulawesi Selatan pada umunya, masih peduli terhadap hak-hak yang yang dirasakan di anak dan remaja
Makassar (ANTARA) - Peran generasi muda di dunia ketenagakerjaan diharapkan dapat diberdayakan, kata Ketua panitia "Internasional Youth 2019" Andhika Eka Putra.

"Momen Hari Kepemudaan yang mengambil dengan tema 'Empowering Youth rework' ini dengan harapan, bagaimana peran anak muda di dalam dunia kerja apakah dia masih tergolong sebagai anak muda yang pasif atau anak muda yang aktif karena banyak  perusahaan atau instansi yang mempekerjakan anak muda tapi tidak sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan dari awal," kata Andhika, di Makassar, Sabtu.

Menurutnya, melalui Hari Kepemudaan itu juga sudah seharunya kaum muda lebih sering dilibatkan dalam pengambilan peran dalam segala hal, baik dalam dunia kerja ataupun di perusahaan.

"Kegiatan ini menjadi ajang untuk menyuarakan hak-hak remaja, karena bertepatan dengan bulan remaja. Jadi dengan adanya acara hari ini mudah-mudahan ada stigma-stigma positif dari pemerintah dan advokasi terkait isu tentang ketenagakerjaan di kalangan anak muda," katanya.

Menurut dia, kepekaan masyarakat terhadap isu-isu sosial apalagi untuk anak dan remaja itu masih sangat kurang.

"Jadi dengan adanya acara ini bisa membuktikan bahwa kita sebagai anak muda di Makassar, khususnya, di Sulawesi Selatan pada umunya, masih peduli terhadap hak-hak yang yang dirasakan di anak dan remaja," tutur Andhika.

Dia pun  berharap agar acara tersebut dapat terus dilaksanakan agar para kaum muda terus dapat menyuarukan kesenjangan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat.

Para perayaan "Internasional Youth 2019" itu, puluhan komunitas dari berbagai daerah turut memeriahkan acara tersebut diantaranya komunitas dari bangku pelosok, peduli anak jalanan, aksi Indonesia muda, Genpi Barru, sekolah cendekia pesisir, Barru membaca dan beberapa komunitas lain.

Tak hanya itu kegiatan yang mulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 23. 00 WITA tersebut juga menampilkan tari serta musikalisasi dan rencananya perayaan puncak acara  dihibur oleh penyanyi ibu kota Petra Sihombing.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar