Bupati Terpilih Tolikara Dilantik 10 Juli

id pasangan usman wanimbo, pilkada tolikara, papua, bupati tolikara, karubaga

Jayapura (ANTARA News) - Pasangan Usman Wanimbo-Amos Jikwa yang terpilih dalam pilkada Kabupaten Tolikara, Papua, dijadwalkan dilantik 10 Juli mendatang.

Ketua DPRD Tolikara Nicodimus Kogoya yang dihubungi ANTARA, Minggu mengatakan pelantikan yang akan dipusatkan di Karubaga, ibukota Kab.Tolikaraitu akan dilakukan pejabat gubernur Papua Syamsul Rivai.

Dikatakan, saat ini masyarakat dan pemda setempat sudah siap melaksanakan kegiatan tersebut dan diharapkan dapat berjalan aman.

"Situasi keamanan di Kabupaten Tolikara secara keseluruhan saat ini relatif aman," kata Ketua DPRD Tolikara, Nicodimus Kogoya.

Menurutnya, pasangan Usman Wanimbo-Amos Jikwa dalam pilkada yang digelar 11 April itu menang telak setelah meraih 130.336 suara dari pasangan Jhon Tabo-Hedi Suyanto yang meraih 39 ribu suara.

Berlarutnya pelantikan pasangan terpilih itu disebabkan pasangan Jhon Tabo-Hedi Suyanto mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi terkait pelaksanaan pilkada di Kab.Tolikara.

Namun, kata Nico Kogoya, tgl 24 Mei lalu keluar keputusan MK yang menyatakan pasangan Usman Wanimbo-Amos Jikwa sebagai pasangan bupati dan wakil bupati Kab.Tolikara periode 2012-2017.

Pemilukada Kab Tolikara sempat tertunda dan diwarnai aksi "perang" pertikaian antara para pendukung calon bupati, namun akhirnya digelar 11April lalu

Untuk mencapai Kabupaten Tolikara dapat dilakukan melalui jalan darat selama sekitar 5 jam perjalanan dari Wamena, ibukota Kab.Jayawijaya atau sekitar 15 menit penerbangan dengan menggunakan pesawat berbadan kecil seperti cessna, caravan atau twin otter. (T.E006/M009)

Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar