Makassar (ANTARA) - Perusahan provider Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka) memprediksi trafik komunikasi hingga penggunaan data dan panggilan suara akan mengalami pertumbuhan pada musim Lebaran Idul Fitri 1442 Hijiriah, tahun 2021

"Untuk trafik voice (panggilan suara) akan tumbuh sebesar 5,12 persen dan trafik penggunaan data akan tumbuh sebesar 9,35 persen. Hanya saja untuk trafik SMS (Short Message Service) akan mengalami penurunan -19, 31 persen," sebut EVP East Area Sales Telkomsel, Andri Wibawanto melalui siaran persnya yang diterima, Minggu. 

Prediksi pertumbuhan data tersebut, kata dia, melihat pengalaman tahun sebelumnya, pelanggan lebih cenderung mengunakan ponsel pintarnya (android) mengakses informasi serta menyampaikan pesan lebaran baik melalui panggilan video, maupun memanfaatkan media sosial pada moment tersebut. 

Sedangkan untuk kesiapan jaringan pada priode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, ditengah pandemi Coronavirus Disease (COVID-19), kata dia, jauh hari sudah dipersiapkan.

Untuk Poin Of Interest (POI) tercatat sebanyak 282 titik. Jumlah ini mencakup area residensial sebanyak 141 titik. Jumlah rumah sakit rujukan COVID-19, delapan titik. 

Selanjutnya, area transportasi utama seperti Bandara, Pelabuhan, Terminal dan Stasiun sebanyak 25 titik. Area spesial seperti alun-alun, pusat perbelanjaan dan lainnya 98 titik dan tempat ibadah satu titik. Untuk jalur transportasi dan logistik sembilan  titik. 

"Total BTS Telkomsel disiagakan sebanyak 59.830 unit. Termasuk yang mencakup penambahan BTS sepanjang 2021 sebanyak 94 unit BTS, dengan jumlah BTS 3G dan 4G sebanyak 5.590 unit. Kami juga telah melaksanakan drive tes dengan fokus  utama jalan tol dan jalan utama serta POI," sebut Andri. 

Mengenai kesiapan produk dan layanan bagi pelanggan dan reseller, telah disiapkan 35 titik GRaPARI siaga, mobile GRaPARI 98 unit, kantor Telkomsel distribusi center siaga sebanyak 188 unit dan outlet atau reseller sebanyak 768 outlet. 

Sementara Vice President Consumer Sales Telkomsel  Area Pamasuka  Agustiyono menyebut, saat ini pelanggan Telkomsel di Area Pamasuka mencapai 34,6 juta lebih pelanggan dan 18,1 juta diantaranya merupakan pelanggan yang aktif memanfaatkan berbagai layanan digital. 

"Kami akan terus mendorong pelanggan di Pamasuka untuk mengadopsi layanan digital guna mendukung aktivitas keseharian. Kami yakin bisnis digital ke depannya akan terus tumbuh selaras dengan komitmen kami sebagai leading digital telco company menghadirkan beragam inovasi dan layanan digital," katanya. 

Sebelumnya, Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Pamasuka A Moelky Furqan berkomitmen untuk secara konsisten meneruskan pemerataan akses infrastruktur dan kualitas broadband terdepan 4G/LTE di seluruh Indonesia sepanjang 2021  termasuk di wilayah Pamasuka

Untuk Area Pamasuka, Telkomsel telah memasang 56.100 unit BTS, dengan 35.600 di antaranya merupakan BTS broadband. Selama Quartal pertama tahun 2021, Telkomsel Area Pamasuka telah melakukan penambahan 650 BTS 4G LTE baru serta 1.300 penambahan kapasitas pada jaringan 4G LTE.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024