Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan menata objek wisata Pulau Karampuang agar semakin menarik dan ramai dikunjungi wisatawan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

"Pemprov Sulbar tahun ini akan melakukan penataan Pulau Karampuang agar menarik dan ramai dikunjungi wisatawan," kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik di Mamuju, Sabtu (14/1).

Ia mengatakan, objek wisata Pulau Karampuang akan diperindah dan dilengkapi sejumlah fasilitasnya.

Menurut dia, Pulau Karampuang yang terletak satu kilometer dari Kota Mamuju memiliki panorama yang indah.

Selain memiliki pasir putih dan keindahan pantai yang menarik, kata dia, Pulau Karampuang juga memiliki keindahan bawah lautnya yang menarik untuk wisata bahari.

"Pemerintah juga akan membangun spot olahraga bola voli pantai, sehingga nantinya akan menjadi pusat olahraga dan bisa bisa menggelar event bola voli pantai nasional," katanya.

Selain itu, juga akan dibangun fasilitas seperti amfiteater atau gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan seni

"Penggiat seni juga dapat memanfaatkan amfiteater untuk pertunjukan hiburan dan seni, dan dapat menggelar event nasional untuk menampilkan pagelaran seni sebagai kekayaan budaya Sulbar," katanya.

Selain itu, Pemprov Sulbar juga akan membangun sebanyak 12 kios untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam rangka memajukan ekonomi masyarakat.

"Dengan upaya memajukan usaha wisata di pantai tersebut diharapkan akan berdampak pada ekonomi masyarakat dan memajukan ekonomi daerah," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024