Mamuju (ANTARA) - Indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sebesar 68,88 pada 2023 atau meningkat 0,75 poin dibandingkan 2022 sebesar 68,15.

"Pemerintah di Mamuju menyampaikan keberhasilan dalam pembangunan yang dicapai 2023 pada peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Mamuju ke-483," kata Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi Duka di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan selain berhasil meningkatkan IPM, pemerintah di Mamuju juga berhasil meningkatkan ekonomi menjadi 5,44 persen pada 2023 dari 3,59 persen pada 2022.

Menurut dia, pemerintah di Mamuju juga berhasil menekan inflasi hingga 2,27 persen sehingga Mamuju merupakan daerah dengan tingkat inflasi paling rendah di Indonesia.

Baca juga: Festival Manakarra Fair ramaikan perayaan HUT ke-483 Mamuju

Baca juga: Pemkab Mamuju gelar pesta kuliner merayakan HUT ke-483

Ia menyampaikan, pemerintah di Mamuju juga terus berupaya meningkatkan pelayanan birokrasi dan meningkatkan kesejahteraan aparatur pemerintahnya.

"Pemerintah di Mamuju telah melakukan rekruitmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan jumlah mencapai 1.419 orang, di antaranya tenaga kesehatan sebanyak 223 dan tenaga guru sebanyak 1112 orang," katanya.

Bupati Mamuju juga mengatakan telah berhasil melakukan pengelolaan keuangan daerah sehingga mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI.

"Keberhasilan pembangunan di Mamuju, ini menjadi kado istimewa di hari istimewa hari jadi Mamuju ke-483, yang jatuh pada 14 Juli ini," katanya.

Ia juga menyampaikan jika keberhasilan pembangunan di Mamuju, tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi dari semua pihak yang telah memberikan kontribusi terhadap upaya memajukan pembangunan di Mamuju.*

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024