Makassar (ANTARA) - Badan Standarisasi Nasional (BSN) meminta partisipasi daerah untuk ikut berpartisipasi pada Indonesia Quality Expo (IQE) 2023.

"Pelaksanaan IQE 2023 yang ke-11 ini, Balikpapan menjadi tuan rumah pada 9 November 2023 mendatang," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerjasama dan Layanan Informasi BSN Zul Amri dalam keterangan persnya di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, kegiatan nasional yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) ini mengambil lokasi di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur dengan pertimbangan, karena lokasinya strategis berdekatan dengan pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) dan Samarinda – ibu kota provinsi Kalimantan Timur.

Apalagi pembangunan IKN banyak berkaitan dengan isu Standar Nasional Indonesia (SNI), misalnya penggunaan bahan material bangunan, termasuk baja untuk infrastruktur.

Termasuk konsep SMART CITY sehingga momentum IQE diharapkan juga bisa meningkatkan penerapan SNI di wilayah tersebut.

Pada momentum IQE nanti, lanjut dia, menampilkan produk dan informasi tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian SNI yang setiap tahun diselenggarakan dengan berpindah-pindah lokasi dan kota.

"IQE tahun ini mengambil lokasi acara di Kota Balikpapan sekaligus memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional. Alhamdullilah," kata Zul.

Berbagai produk unggulan ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) akan dipamerkan. Dengan demikian, IQE diharapkan dapat menjadi wadah mempertemukan pemangku kepentingan standardisasi di seluruh Indonesia untuk bertukar informasi, membuat kesepakatan, menampilkan produk unggulan dan/atau UMK pendukung, serta memanfaatkan peluang dan potensi yang ada.

Adapun rangkaian kegiatan IQE akan dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung diantaranya, Talkshow/Sosialisasi terkait Standardisasi bekerja sama dengan Dinas terkait wilayah Provinsi Kaltim, Demo Produk SNI, Lomba-lomba Edukasi SNI, Hiburan Musik, serta Kuis/Grandprize Produk ber-SNI.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Alin Ariesta menyatakan menyambut baik kegiatan tersebut dan meyakinkan akan berpartisipasi pada IQE 2023 di Balikpapan.

Menurut dia, berbagai produk unggul asal kota berjulukan "Anging Mammiri" ini akan ditampilkan mewakili produsen industri kreatif maupun hasil karya yang sudah mengantongi SNI.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024