Mamuju (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Barat mengajak Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) bekerja sama dalam menjalankan program prioritas pemerintah daerah.

"Kami mengajak Unsulbar untuk bekerja sama menjalankan program prioritas Pemerintah Provinsi Sulbar," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar Mithhar, saat melakukan pertemuan dengan Rektor Unsulbar Prof Dr Muhammad Abdi, di Majene, Jumat.

Pada pertemuan itu, keduanya membahas seputar bagaimana dapat berkolaborasi menuntaskan masalah mendasar di Sulbar, utamanya masalah anak tidak sekolah.

Program prioritas yang menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sulbar saat ini kata Mithhar, yakni penanganan empat plus satu, yaitu kemiskinan ekstrem, anak tidak sekolah, stunting, perkawinan anak dan inflasi.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulbar lanjutnya, terus berupaya memberdayakan semua potensi yang dimiliki, yakni para kepala sekolah dan guru SMA, SMK dan SLB yang tergabung dalam Satuan Tugas ATS Dikbud.

Sehingga menurutnya, jika perguruan tinggi seperti Unsulbar juga terlibat langsung melalui program pengabdian masyarakat seperti kuliah kerja lapangan, baik itu reguler maupun terpadu maka tentunya masalah itu akan segera dapat tertangani.

"Mahasiswa kuliah kerja lapangan/nyata kita arahkan program kegiatannya dengan menyasar masalah empat plus satu," terang Mithhar.

Sementara, Rektor Unsulbar Prof Dr Muhammad Abdi, menyambut baik ajakan kerja sama Kepala Disdikbud Sulbar tersebut.

Ia mengatakan, akan secepatnya menugaskan tim untuk segera menindaklanjuti dengan terlebih dahulu melaksanakan perjanjian kerja sama (PKS).

Pihaknya juga akan mengajak seluruh perguruan tinggi di Sulbar maupun dari daerah lain untuk mengarahkan mahasiswanya melaksanakan KKN di Sulbar.

"Insha Allah secepatnya kita akan bergerak bersama Kepala Disdikbud. Kita akan membangun kerja sama pada semua perguruan tinggi di Sulbar maupun di luar Sulbar agar mengarahkan mahasiswanya melaksanakan KKN di Sulbar," terang Muhammad Abdi.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024