Makassar (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan meluncurkan Bazar UMKM untuk Indonesia yang digelar di Kota Jakarta dan Makassar dengan mengusung tema "BerKRIYAsi".

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, mengatakan bazar UMKM bertajuk "BerKRIYAsi" yang digelar di Trans Studio Mall Kota Makassar tidak kalah dengan pelaksanaan yang di Jakarta.

"Kota Makassar adalah pintu gerbang kawasan timur Indonesia dan memang pengembangan ekonomi Indonesia berada di Makassar," ujarnya.

Loto Srinita mengatakan, Kementerian BUMN bersama sejumlah pejabat BUMN memperkuat komitmen mereka dalam mendorong pengembangan UMKM di Indonesia.

Acara yang mengambil tema "Kriya atau Craft" dan diadakan sebagai bagian dari program UMKM naik kelas, di mana produk-produk UMKM ditampilkan untuk menarik minat masyarakat dan meningkatkan potensi belanja produk dalam negeri.

"BerKRIYAsi", yang merupakan akronim dari berkreasi dan rekreasi, menggambarkan upaya memadukan kreativitas dengan berbagai produk kerajinan tangan berbasis bahan-bahan lokal bernilai tinggi," katanya pula.

Ia menyebut pelaksanaan di Jakarta telah berlangsung sejak 17 hingga 20 Oktober 2024 dengan menghadirkan 101 UMKM. Sedangkan di Makassar, bazar berlangsung di Trans Studio Mall dari 24 hingga 27 Oktober 2024 dengan menampilkan 86 UMKM.

Dia menerangkan sepanjang tahun 2024, Kementerian BUMN telah merencanakan 12 kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia secara tematik di 7 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Labuan Bajo.

Sebagai rangkaian penutup, pada bulan November 2024 nanti, Bazar UMKM untuk Indonesia akan diselenggarakan di Labuan Bajo dan Jakarta.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementerian BUMN hadirkan bazar UMKM BerKRIYAsi di Jakarta-Makassar

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024