Makassar (Antara Sulsel) - Sejumlah pelaku industri pariwisata bersinergi menggelar program Makassar Great Sale (MGS) 2017 selama 10 hari dengan menargetkan transaksi hingga Rp100 miliar.

"Jadi kegiatan yang kami gelar dan kami namai Makassar Great Sale 2017 ini diselenggarakan sebagai bagian dari peringatan HUT Kota Makassar yang ke-410," ujar Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Makassar (BP2M), Iin Yoesoef Madjid di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, program MGS yang berlangsung selama 10 hari ini akan memberikan potongan harga (discount) mulai 15 hingga 40 persen bagi warga Kota Makassar dan wisatawan selama periode 20 November 2017 sampai dengan 30 November 2017.

Program MGS 2017 ini, dilakukan secara reguler minimal sekali dalam setahun. Meski diakui pelaksanaan program diskon besar-besaran ini sempat batal karena kondisi high season yang menyulitkan industri sulit menjamin diskon perhotelan.

Namun dengan dukungan pelaku industri, lanjutnya, yang menyebabkan pihaknya tetap melaksanakan program ini. Meski persiapan kegiatan ini belum sebesar even great sale yang rutin digelar di kota-kota besar lainnya di pulau Jawa.

Ketua Panitia Pelaksana MGS 2017, Joko Budi Jaya mengatakan, kegiatan yang telah masuk dalam kalender even Pariwisata Kota Makassar ini membuat para pelaku industri komitmen dan kompak menyukseskan program ini.

Dia menargetkan transaksi dari berbagai pihak yang terlibat dalam program ini sebanyak Rp100 miliar. Apalagi, lanjutnya maskapai penerbangan Garuda Indonesia ikut memberikan diskon besar-besaran bagi wisatawan maupun warga kota di periode 20 November hingga 30 November tahun ini.

"Transaksi Rp100 miliar optimis kami bisa capai karena ada banyak pelaku industri di sini, termasuk dari pihak travel dan penerbangan seperti Garuda Indonesia juga ikut ambil bagian dengan diskon-diskon besarnya," katanya.

Dalam program MGS yang pertama kali dilaksanakan di Makassar. Terdapat lebih dari 100 tenant mall, 100 hotel, puluhan restoran, UMKM, travel agent dan satu maskapai penerbangan yang terlibat dalam MGS 2017.

Kegiatan yang digagas Badan Promosi Pariwisata Makassar (BP2M) ini melibatkan partisipasi dan dukungan pihak-pihak terkait lainnya diantaranya Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) Sulselbar, Asosiasi Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel.

Asosiasi Agen dan Biro Travel (Asita) Sulsel, IHGMA chapter Sulawesi Selatan, Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia Cabang Makassar, Komunitas Makassar Tourism Community (Matic), Dinas Pariwisata Kota Makassar dan Mall Phinisi Point (PIPO) Makassar.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024