Al-markaz siapkan 1.000 dos buka puasa

id Masjid Al Markaz, buka puasa, 1.000 dos

Ribuan umat muslim bersiap menunaikan salat Jumat pertama bulan Ramadhan 1439 Hijiriah di Masjid Al Markaz Al Islami Jendral Yusuf Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/5). ANTARA FOTO/Darwin Fatir/foc/18. ()

Makassar (Antaranews Sulsel) - Yayasan Jenderal M Yusuf Al Markaz Al Islam Makassar menyiapkan sebanyak 1000 dos makanan buka puasa Ramadan 1439 Hijriah pada setiap harinya.

"Kami seperti tahun-tahun sebelumnya tetap menyiapkan hingga 1000 dos menu buka puasa bagi jamaah. Namun dalam beberapa hari ini, jumlah jamaah melebihi yang kita siapkan sehingga kita menerima jika ada yang kelebihan rezeki,"ujar Sekretaris Umum Amaliah Ramadan Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Yusuf Saparudin di Makassar, Senin.

Meski menerima sumbangan menu buka puasa dari masyarakat yang berpenghasilan lebih, kata dia, namun pihaknya meminta untuk berkomunikasi lebih dulu dengan panitia Ramadhan untuk menyamakan menu yang akan disajikan pada setiap harinya.

Ia menjelaskan, dari awal-awal puasa ini memang ada sumbangan dari masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki hingga 300 dos meski kadang kala juga masih tidak mencukupi karena jamaah yang membludak.

Dan sebagai antisipasi, pihaknya telah menyiapkan berbagai menu buka puasa lainnya seperti kue-kue, es buah, kurma dan sebagainya.

Menu ini juga disajikan secara rapi untuk jamaah yang datang terlambat. Pihaknya juga bersyukur setiap yahun, jumlah jamaah yang datang berbuka di Al Markaz semakin bertambah.

Untuk penjaga stand bazar Ramadhan didepan. Masjid Al Markaz sendiri, kata dia, sudah mencapai 400 orang dan semuanya juga memilih berbuka di Al Markaz.

"Memang tidak jarang menu yang kita siapkan bersama bantuan dari masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki, juga habis. Itupun yang kita antisipasi dengan menyiapkan menu lain seperti kue ataupun es buah," jelasnya.

Selain menerima menu berbuka puasa, pihaknya juga menerima zakat atau sedekah dari masyarakat yang kemudian akan diserahkan ke pihak yang berwenang seperti Badan Amil Zakat nasional (BAZnas) Kota Makassar.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memiliki komitmen dan harapan agar didalam momentum ramadan ini, para jamaah bisa memuliakan Masjid Al Markaz Al Islam dengan datang menunaikan shalat berjamaah.

"Sesuai motto kami yakni jamaah memakmurkan masjid dan masjid memakmurkan jamaah,"sebut dia.
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar