Unhas gelar seminar internasional tentang protein

id unhas

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA saat membuka seminar protein internasional di Makassar, Kamis.(8/11). (Foto istimewa)

Makassar (Antaranews Sulsel)- Fakultas Kedokteran dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin menjadi penyelenggara "The 5th International Seminar, Congress, and Workshop of Indonesian Protein Society (ISWIPS) 2018" di Makassar, Sulawesi Selatan, 8-9 November 2018.

Kegiatan seminar internasional yang bertema "Science and Technology of Protein for Increasing Quality Of Human Life" tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Masyarakat Protein Indonesia (Indonesian Protein Society, IPS) dan Asia Pacific Protein Association (APPA).

Ketua panitia Prof Ahyar Ahmad, PhD di Makassar, Kamis, mengucapkan terima kasihnya pada sejumlah mitra, khususnya IPS dan APPA yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan internasional ini.

"Kita berharap melalui acara bertema protein di perguruan tinggi, utamanya di Makassar, dapat dijadikan kajian dan peneltian para dosen atau peneliti, mengingat pentingnya kualitas protein dalam kehidupan manusia. Sehingga, ilmu dan teknologi yang terkait dengan protein bisa semakin berkembang, khusususnya di Indonesia bagian timur," katanya.

Seminar internasional ini menghadirkan sejumlah pembicara kunci dalam negeri dan luar negeri.

Di antaranya adalah Prof Akhmaloka, PhD (MIPA ITB), Prof Tri Agus Siswoyo, PhD (Ketua IPS dan dosen Universitas Jember), Maggy Thenawidjaja Suhartono (IPB), Prof Adham MAbdou, Ph.D (Benha University, Mesir), dan Prof James R Ketudat Cairns (Suranare University of Technology, Thailand).

ISWIPS 2018 ini diadakan untuk memromosikan pentingnya keterkaitan antara teori, eksperimen, dan studi kasus yang berkembang tentang topik atau isu protein.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang terdiri atas akademisi atau peneliti, pegawai dari instansi terkait, dan mahasiswa.

Peserta akademisi yang hadir di antaranya dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bangdung (ITB), dan Universitas Jember.

Para akademisi yang hadir sebelumnya telah mengirimkan karya ilmiah atau "prosiding"-nya untuk dikaji dan diusulkan ke Journal of New Biotechnology untuk dipublikasi di penerbitan jurnal tersebut.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengatakan, pihaknya sangat mendukung setiap kegiatan ilmiah dan riset yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang protein.

"Unhas siap berpartisipasi dalam setiap upaya pengembangan bidang protein dan pencarian solusi yang terkait dengan masalah protein. ?Dengan tersedianya berbagai fasilitas, bidang akademik kedokteran dan kesehatan, serta sumber daya manusia yang dimiliki, Unhas memiliki alasan yang kuat untuk menemukan berbagai solusi yang berhubungan dengan isu protein di Indonesia,"kata Prof Dwia.

Menurut dia, protein merupakan isu penting dan strategis yang perlu menjadi perhatian bersama.

"Bagi saya, ketika kita berbicara tentang protein, kita sedang berbicara tentang kekuatan suatu bangsa. Kita berbicara bagaimana masa depan suatu bangsa. Sehingga, saya percaya dan yang lainnya juga demikian, pembahasan dan kajian dalam acara ini merupakan topik dan isu yang menarik serta penting diangkat dalam berbagai forum," katanya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar