YKI Sulsel Beri Motivasi Pasien Kanker di RSUP Wahidin Makassar

id yki sulsel, Lies F Nurdin, pasien penyakit kanker,Rumah Sakit Umum Pusat Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar

YKI Sulsel Beri Motivasi Pasien Kanker di RSUP Wahidin Makassar

Ketua PKK dan YKI Sulsel Lies F Nurdin saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Kamis,(5/9). ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Ketua TP PKK Sulsel sekaligus Ketua Yayasan Kanker Indonesia(YKI) Cabang Provinsi Sulawesi Selatan Lies F Nurdin melakukan kunjungan dan memotivasi pasien penyakit kanker di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Kamis.

Istri Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah itu merasa begitu tersentuh dan prihatin saat melihat kondisi para pasien kanker yang ada di rumah sakit tersebut.

"Alhamdulillah kami dari Yayasan Kanker Indonesia Cabang Sulsel bisa mengunjungi anak-anak ataupun ibu-ibu yang menderita penyakit kanker. Kami sangat miris banyak anak-anak sudah kena kanker," katanya.

Sebanyak ratusan penderita kanker dari berbagai wilayah di Sulsel terdaftar sebagai pasien di rumah sakit umum daerah ini, beberapa di antaranya adalah pasien kanker pada usia anak-anak. Bahkan salah satu pasien ada yang masih berumur sembilan bulan.

Kanker sendiri termasuk dalam kategori penyakit mematikan selain jantung dan ginjal. Leukimia menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak diidap di rumah sakit ini.

Pihak RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo pun mengatakan bahwa setiap tahunnya sekitar seratus pasien baru yang datang untuk berobat di rumah sakit ini.

Menyikapi hal tersebut, Lies pun mengimbau agar masyarakat lebih rajin lagi memeriksakan diri ke dokter dan menjaga kesehatannya.

"Kami dari YKI memang mengharapkan ibu-ibu untuk rajin periksa sendiri di rumah. Kalau ada tanda-tanda sedikit yang lain dari biasanya jangan tunggu ada perubahan besar baru ke dokter karena sedini mungkin lebih bagus, karena kalau masih di stadium awal Insya Allah masih bisa ditolong," ujarnya.

Tidak hanya melihat langsung kondisi para pasien di ruang inap, Lies juga membagikan bingkisan dan mainan anak-anak kepada para pasien.

Istri dari Nurdin Abdullah bersama seluruh anggota YKI cabang Sulsel merancangkan untuk melakukan sosialisasi tentang kanker ke daerah-daerah.

"Kami akan sosialisasikan kanker ke daerah-daerah, karena tadi kami lihat banyak pasien kanker dari daerah. Kami akan mensosialisasikan untuk menambah wawasan mereka tentang kanker, karena banyak yang stadium lanjut baru berobat ke dokter," ungkapnya.

Pada kunjungan kali ini, Prof Dr dr Dasril Daud SpA selaku dokter spesialis anak di RSUP Wahidin mengucapkan rasa terima kasih kepada jajaran pengurus YKI cabang Sulsel yang datang berkunjung.

"Terima kasih atas kunjungan dan perhatiannya. Kedatangan Ibu gubernur di sini pasti menambah motivasi pasien untuk sembuh. Alhamdulillah sekarang BPJS sudah menjamin mereka (pasien kanker) semua . Di sini kami juga menyediakan rumah singgah dan tempat anak-anak penderita kanker untuk bermain. Dulu tuh kalau mau masuk ke sini mereka stress, karena mereka masih mau bermain bertemu teman-temannya," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar