Bupati Gowa Tetapkan Bissoloro Sebagai Desa Wisata

Pewarta : id gowa, bissoloro, desa wisata, adnan purichta ichsan

Sungguminasa (Antara Sulsel) - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menetapkan puncak Tinambung Bissoloro, Desa Bissoloro, Kecamatan Bungaya sebagai destinasi wisata baru di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Hari ini, pada pembukaan Camping Day II Bissoloro, kita tetapkan Desa Bissoloro sebagai desa wisata baru Kabupaten Gowa," ujar Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Minggu.

Ia mengatakan, penetapan Desa Bissoloro sebagai desa wisata itu tidak lain karena banyaknya potensi keindahan alam yang bisa didapatkan pengunjung dari desa tersebut.

Beberapa potensi keindahan yang bisa didapatkan adanya air terjun, kawasan hutan pinus, pemandangan dari puncak gunung yang langsung bisa melihat Kota Makassar, Kabupaten Takalar dan Jeneponto.

"Ada banyak potensi keindahan yang bisa didapat di sini, ada air terjun dan hutan pinus. Yang tidak kalah indahnya, kalau malam hari bisa melihat langsung kerlap kerlip lampu dari Kota Makassar, Kabupaten Takalar dan Jeneponto," katanya.

Bupati dalam mengeksplorasi sejumlah potensi daerahnya dengan menggelar acara tahunan seperti camping day dengan mengajak serta para pengunjung yang umumnya adalah mahasiswa pecinta alam maupun komunitas-komunitas.

Tahun pertama digelar camping day yakni di Danau Tanralili, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, pada November 2016 yang juga dalam rangkaian HUT Kabupaten Gowa ke-696.

Adnan mengaku bersyukur karena Kabupaten Gowa punya banyak keunggulan dari daerah lainnya di Sulawesi Selatan yang memiliki daratan dan pegunungan.

"Kita harus bersyukur karena Gowa dilimpahi banyak keunggulan-keunggulan, apalagi jika kita berbicara tempat sangat dekat dengan kota Makassar," ucapnya.

Seperti pada tahun sebelumnya yang banyak diikuti oleh kelompok pecinta alam dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan hingga dari luar pulau Sulawesi.

Adnan Purichta mengatakan, camping day dilaksanakan untuk memperkenalkan sekaligus menyosialisasikan tempat-tempat baru yang bisa dijadikan destinasi wisata di Gowa.

"Lokasi ini kita pilih karena saya yakin, suatu hari nanti puncak Tinambung Bissoloro juga akan menjadi tempat favorit selain Malino yang punya banyak pilihan keindahan yang bisa dinikmati," katanya.

Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini mengungkapkan beberapa keunggulan puncak Tinambung Bissoloro yang memiliki hutan pinus, air terjun dan lainnya.

"Selain memiliki hutan pinus dan memiliki air terjun di sekitar hutan pinus, Bissoloro memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Bisa digunakan untuk berwisata dan dimanfaatkan oleh masyarakat lokal sebagai mata pencaharian," terangnya.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar