Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membina masyarakat nelayan yang ada di pesisir Kabupaten Majene untuk menjadi wirausahawan.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM (Koperindag dan UKM) Provinsi Sulbar, Muhammad Faizal Thamrin, di Mamuju, Minggu, mengatakan, Pemprov Sulbar melalui Koperindag Sulbar memberikan pelatihan masyarakat pesisir di Majene yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Ia mengatakan, pelatihan itu dilaksanakan dalam rangka membina masyarakat pesisir Majene agar mampu memiliki kemampuan menjadi wirausahawan.

"Masyarakat nelayan di pesisir telah didata untuk mengetahui masyarakat yang dianggap layak dan pantas diberikan pelatihan menjadi wirausahawan tersebut, agar mampu membuka usaha meningkatkan pendapatannya dengan mengelola hasil perikanan di Majene," katanya.

Menurut dia, pelatihan dan pembinaan masyarakat pesisir Majene tersebut diberikan, juga bertujuan agar angka kemiskinan ekstrim di Sulbar yang mencapai 2,94 persen, dapat ditekan pemerintah.

"Pemerintah berharap masyarakat mampu membuka lapangan usaha sebagai wirausahawan, dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang potensial dikelola sehingga kemiskinan ekstrim dapat ditekan," katanya.

Menurut dia, Majene merupakan daerah yang berada di pesisir pantai Sulbar dengan produksi perikanan sekitar 18 ribu ton per tahun, sehingga wirausaha tumbuh di wilayah itu ketika diberdayakan.

"Selama ini masyarakat tidak memiliki kemampuan menjadi wirausahawan karena pembinaan pemerintah belum maksimal, namun hal itu telah menjadi evaluasi sehingga pembinaan mulai dilakukan," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024