Survei IPI unggulkan pasangan Basmin-Syukur

id Pilkada luwu,Lembaga survei,Ipi,Basmin-syukur

Direktur Lembaga Survei Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir (kanan) memaparkan hasil Riset Pilkada Luwu, Sulsel, di Makassar, Senin (18/6). ANTARA FOTO/Darwin Fatir

Makassar (Antaranews Sulsel) - Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis data terbaru Pilkada Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, pasangan Basmin Mattayang-Syukur Bijak masih unggul dibandingkan kandidat lain.

"Pasangan Basmin-Syukur unggul dengan elektabilitas 63,2 persen, sedangkan rivalnya pasangan Patahuddin-Emmy Tallesang sebesar 25,7 persen, dan belum menentukan pilihan 11,1 persen," sebut Direktur IPI Suwandi Idris Amir di Makassar, Senin.

Menurut dia, hasil riset di Pilkada Luwu akan dimenangkan pasangan Basmin-Syukur, apabila selama tidak ada kejadian luar biasa dalam beberapa hari ke depan sebelum hari pencoblosan 27 Juni 2018.

Hasil riset yang dipaparkan di hotel Swiss Bel inn tersebut, kata dia, melibatkan sebanyak 1.212 responden tersebar di wilayah kecamatan Luwu.

Metode digunakan adalah multistage random Sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 2,9 persen. Survei dilakukan sejak 3-12 Juni 2018.

Sementara pada top of mind atau elektabilitas terbuka pasangan Basmin-Syukur unggul telak sebesar 57,5 dari responden. Sementara pasangan Patahuddin-Emmy Tallesang menjadi top of mind 23,9% responden.

"Kekuatan paslon nomor satu Basmin-Syukur keduanya diketahui merupakan tokoh Luwu yang disegani masyarakat. Sementara kelemahan pasangan calon nomor dua adalah calon wakil bupati, Emmy Tallesang dinilai kurang mendapat dukungan secara elektoral," beber Suwadi.

Untuk strong voters atau suara mengambang pasangan Basmin-Syukur juga cukup tinggi mencapai 50,8 persen. Sementara strong voters Patahuddin-Emmy Tallesang hanya 13,1 persen.

"Butuh keajaiban yang sangat luar biasa bagi pasangan Patahuddin-Emmy Tallesang untuk bisa membalikkan keadaan dengan sisa masa kampanye yang tinggal menghitung hari kedepan," tambahnya.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar