7.748 calon mahasiswa ikuti ujian mandiri UIN

id Calon mahasiswa,Jalur mandiri,Uin alauddin,Samata gowa

Ilustrasi. Peserta mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 di SMA 9 Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (31/5). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/aww/16.

Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 7.748 calon mahasiswa baru mengikuti tes Ujian Masuk Mandiri (UMM) di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Rektor Universitas Islam Negeri Makassar Prof Dr Musafir Pababbari, MSi di Makassar, mengatakan ribuan calon mahasiswa yang mengikuti tes disebar di berbagai lokasi berbeda termasuk di kampus UI UIN Samata Gowa, MTsN 1 dan MAN 2 Makassar, Jl AP Pettarani untuk wilayah Makassar, termasuk Pesantren Guppi, SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa.

"Ada persepsi UMM itu seperti di perguruan tinggi yang lain dimana yang lulus tdak disubsidi oleh pemrintah, istilah itu tidak berlaku disini, UMM itu mandiri dari proses ujian, penentuan soal, dan mengklarifikasi soal. Kita tidak lagi ikut jalur nasional itu," katanya.

Ia menjelaskan, dari sisi biaya mahasiswa yang masuk jalur UMM sama saja dengan yang lolos dijalur lainnya., SPp mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT)? yang kini ada tujuh kategori dari sebelumnya hanya lima kategori.

"Kami secara mandiri meproses, pemeriksaan, kita yg tentukan kelulusan. Kita masih menggunakan cara PBT (paper based rest) dan Insya Allah kedepannya kita akan masuk pada sistem computer based test?(CBT),"jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Alauddin Prof Dr H Mardan MAg mengatakan meskipun ini jalur mandiri akan tetapi acuan pelaksanaan sama seperti di tingkat nasional yakn SNMPTN, UMPTKIN meski memang jalur mandiri masih lewat PBT.

"Peserta 7.748 camaba mandiri ini ada 54 prodi yang ikut untuk memperebutkan kuota umm sebanyak 1.372," ujarnya.

"Alhamdulillah, sekarang ada informasi terkait proses seleksi.Untuk tahun ini peminatnya begitu tinggi.Upaya kami dalam melakukan pembenahan menuju world class iniversity membuat masyarakat merespon,"lanjut dia.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar