Pemkab Lutim ekspose profil kabupaten dan kecamatan 2019

id pemkab lutim,ekspose profil kabupaten dan kecamatan 2019

Pemkab Lutim ekspose profil kabupaten dan kecamatan 2019

Ekspose Penyusunan Profil Kabupaten dan Kecamatan Tahun 2019 dan Seminar Penyusunan Perkembangan Ekonomi Tahun 2018 di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (14/11/2019). ANTARA/HO-Diskominfo Lutim

Malili (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten  Luwu Timur ( Pemkab Lutim) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Ekspose Penyusunan Profil Kabupaten dan Kecamatan Tahun 2019 dan Seminar Penyusunan Perkembangan Ekonomi Tahun 2018.

"Ketersediaan data yang valid merupakan salah satu variable utama yang menentukan keberhasilan pembangunan baik pada tahap perencanaan, proses maupun evaluasi pembangunan," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemkab Lutim Askar saat membuka acara di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis.

Menurut Askar, perencanaan pembangunan ekonomi memerlukan berbagai data statistik sebagai dasar berpijak dalam menentukan strategi kebijakan, agar sasaran pembangunan dapat dicapai dengan tepat.

Perkembangan perekonomian Kabupaten Luwu Timur tahun 2018 disusun dalam upaya memberikan gambaran perekonomian Luwu Timur secara makro baik kuantitas maupun kualitatif, menggunakan indikator Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

"Adanya profil kabupaten dan kecamatan serta gambaran perekonomian Luwu Timur yang didukung BPS dalam penyediaan data-data dasar diharapkan akan menghasilkan perencanaan pembangunan yang terukur dan komprehensif, yang pada akhirnya memudahkan kita dalam melaksanakan pengendalian, monitoring, evaluasi, dan pelaporan pembangunan," ujarnya.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Diskominfo Lutim Agus Thobrani mengatakan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah untuk menyajikan dan menyediakan informasi statistik mengenai keberadaan Kabupaten Luwu Timur dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah.

Selain itu, tersedianya analisa data-data serta capaian pencatatan dari sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan kemudian dipresentasikan dalam bentuk media informasi yang efektif, proporsional dan akuntabel.

Narasumber pada kegiatan ini Kasi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lutim Ridwan dan Siti Maisarokh staf yang menangani Profil Kabupaten dan Kecamatan.

Kegiatan tersebut diikuti para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan Kepala Kantor Instansi Vertikal.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar