Pemkab Gowa-Putera Sampoerna tingkatkan kualitas guru melalui PBG

id Pemkab gowa, kualitas guru,Putera Sampoerna Foundation ,Pusat Belajar Guru,Adnan Purichta Ichsan

Pemkab Gowa-Putera Sampoerna tingkatkan kualitas guru melalui PBG

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL (kanan) bersama Fund Raising Senior Director Putera Sampoerna Foundation Elan Mardy (kiri) usai pemberian cinderamata. ANTARA/Muh. Hasanuddin

Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa berkerja sama Putera Sampoerna Foundation terus berkomitmen membangun kualitas pendidikan yang lebih baik dengan berbagai program, terobosan dan inovasi salah satunya melalui Pusat Belajar Guru (PBG).

"Semuanya sudah berjalan dengan baik. Selama beberapa tahun ini memang fokus kita di bidang pendidikan dan banyak cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita, salah satunya menjalin kerja sama dengan Putera Sampoerna," ujar Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL di Gowa, Kamis.

Ia mengatakan kerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation - School Development Outreach ini kembali dilakukan setelah sebelumnya banyak memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di Gowa.

"Dengan didirikannya program Pusat Belajar Guru (PBG) kualitas dan kompetensi para guru yang ada di Gowa dapat ditingkatkan dengan menyediakan akses pengembangan keprofesian guru secara berkelanjutan dan terjangkau dari segi jarak dan waktu," katanya.

Bupati menjelaskan program pengembangan PBG ini bertujuan memberikan manfaat kepada seluruh guru jenjang PAUD/TK, SD dan SMP yang memiliki potensi untuk menjadi guru inti dan pengelola PBG.

Nantinya, kata dia, guru inti akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menganalisa kebutuhan pengembangan guru, merancang modul pelatihan dan kemampuan menjadi narasumber yang efektif.

Para guru juga akan dilatih memperkuat kemampuan manajemen dasar organisasi, kemampuan menyusun program yang tepat sasaran serta kemampuan melaksanakan dan mengevaluasi program.

"Perlu diingat kekayaan atau majunya suatu daerah bukan dilihat dari banyaknya sumberdaya alam, tetapi kekayaan suatu daerah ditentukan di manusianya," katanya.

Fund Raising Senior Director Putera Sampoerna Foundation Elan Mardy mengatakan pusat belajar guru merupakan program unggulan yang dirancang oleh Putera Sampoerna Faundation School untuk menjawab tantangan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

"Kesenjangan yang muncul antara pendidikan di berbagai daerah mendorong kami untuk membuat sebuah program berkelanjutan yang bertujuan pada peningkatan kompetensi guru dan kualitas pendidikan," ungkapnya.


 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar