Bupati Lepas Ribuan Peserta Gerak Jalan Indah

id Gowa, gerak jalan indah

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melepas ribuan peserta Gerak Jalan Indah Pelajar Se-Kabupaten Gowa di Sungguminasa, Jumat (11/8). (FOTO/Humas Gowa)

Sungguminasa (Antara) - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melepas ribuan peserta gerak jalan indah pelajar se-Kabupaten Gowa mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA).

"Ini bagian dari kegiatan tahunan untuk menyemerakkan kegiatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan kali ini kita mempertandingkan antar SKPD Gowa," ujar Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Sabtu.

Pelepasan peserta lomba yang berjumlah 136 regu yang terdiri dari SD 70 regu, SMP 39 regu dan SMA 27 regu, yang berlangsung meriah dan ditonton oleh ribuan masyarakat yang berada disepanjang rute yang dilalui peserta gerak jalan indah ini.

Bupati Gowa dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang mendidik dan melatih karakter para pelajar untuk cinta kepada bangsa dan negara.

"Pelajar sebagai generasi pemegang tahta kekuasaan dan calon pemimpin bangsa mempunyai peranan yang sangat strategis di dalam menentukan masa depan dan arah bangsa," katanya.

Lebih lanjut, bupati mengatakan, ajang gerak jalan indah ini sebagai wujud untuk membentuk karakter anak didik karena dalam gerak jalan itu ada harmoni dan kesesuaian.

"Kalau mereka tahu baris-berbaris pasti mereka tahu tata tertib, hal inilah yang diinginkan oleh bapak presiden. Olehnya itu, gerak jalan yang dilakukan para pelajar tiada lain untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme yang ditanamkan dari sejak kecil sampai dia besar dan menjadi pemimpin di masa yang akan datang," jelasnya.

Para peserti ini akan bersaing untuk meraih Juara I, II dan III serta Juara Harapan I, II dan III pada kategori masing-masing tingkat pendidikan sesuai dengan penilaian dewan juri yang difokuskan pada kekompakan, keserasian dan kerapian barisan.

Sedangkan untuk para pemenangnya akan diumumkan pada malam resepsi kenegaraan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 tahun pada 17 Agustus mendatang.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar