Dinkes Makassar canangkan sistem pelaporan berbasis daring

id dinkes makassar,naisyah tun azikin ,sistem pelaporan rumah sakit berbasis daring,sosialisasi sistem pelaporan Rumah Sakit ,makassar

Dinkes Makassar canangkan sistem pelaporan berbasis daring

Naisyah Tun Azikin (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mencanangkan sistem pelaporan rumah sakit berbasis daring (online) guna memanfaatkan informasi teknologi dalam pencatatan pelaporan satu pintu.

"Harus satu pintu dalam pencatatan laporan, untuk itu sistemnya harus online," sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin saat sosialisasi sistem pelaporan Rumah Sakit di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Menurutnya, sistem ini sangat membantu dalam hal pendataan serta memudahkan sistem pelaporan dari tingkat kota, kabupaten hingga provinsi maupun ditingkat pusat khususnya di Kementerian Kesehatan, karena akurasinya bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, pendataan akan lebih mudah diketahui mulai pelayanan, jumlah pasien, jenis penyakit baik skala kecil maupun besar sampai kepada penanganan pasien di unit gawat darurat ataupun instalasi gawat darurat.

"Bila program ini berjalan, maka pelaporan akan mudah diketahui datanya dari tingkat kota sampai di pusat dan datanya jelas, sehingga akan membantu memudahkan penyusunan program kerja selanjutnya, " beber dia.

Pelaporan berbasis daring tersebut, lanjut Naisyah, sangat bermanfaat bukan hanya pihak rumah sakit, tetapi juga pihak terkait yang membutuhkan data-data tentang sejauh mana penanganan pasien ketika mendapatkan pelayanan.

Kendati demikian, pihaknya berharap bagi seluruh rumah sakit bisa memanfaatkan program tersebut agar memudahkan dalam hal pelaporan secara cepat, tepat dan akurat tanpa harus membuang-buang waktu dalam penyusunan laporan.

"Kalau datanya sudah online, otomatis semua akan berjalan cepat termasuk menyusun laporan tidak harus menunggu lama, karena datanya langsung ada tinggal disusun lalu dilaporkan juga secara online, jadi semuanya bisa cepat dan bisa efesiensi waktu," tambahnya.

Dalam sosialisasi itu, diikuti puluhan perwakilan rumah sakit di Kota Makassar, mulai Rumah Sakit tipe D sampai kepada rumah sakit tipe D. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman dan arahan kepada peserta saatn menjalankan pelaporannya lebih cepat serta akurat.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar