Makassar (ANTARA News) - Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sulawesi Selatan mengaku persoalan yang dihadapi tim voli pasir Sulsel bukan hanya terkait anggaran minim, namun juga masalah mental atlet.

Ketua Bidang Pertandingan dan Perwasitan PBVSI Sulsel Burhanuddin di Makassar, Minggu, mengaku berharap persoalan tersebut tidak berlarut-larut sehingga peluang Sulsel tetap terbuka di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII, Riau 2012.

"Kita berencana memenuhi undangan tampil di kejurnas di Bali, namun batal karena anggaran yang tidak tersedia serta sikap atlet yang terlihat pesimistis sebelum bertanding," ujarnya.

Menurut dia, tampilnya tim Sulsel di kejurnas Bali yang diikuti sejumlah tim peserta PON 2012 tersebut justru akan menambah mental atlet. Partisipasi atlet juga bisa membuat atlet lebih percaya diri ketika tampil di PON XVIII.

Sebaliknya, lanjutnya, gagalnya menggelar ujicoba akan berdampak pada kesiapan tim, termasuk peluang voli pasir Sulsel mempersembahkan hasil yang membanggakan.

"Bagaimana kita bisa mengukur kekuatan jika tidak menggelar laga ujicoba. Persoalan mental atlet inipun yang kita harapkan bisa diselesaikan sebelum tampil di PON mendatang," ucapnya.

Tim bola voli pasir Sulsel sebelumnya cukup optimistis mampu meraih minimal perunggu di PON 2012. PBVSI Sulsel juga menyatakan jika status voli sebagai cabang olahraga non unggulan bukan alasan untuk gagal meraih hasil maksimal.

"Untuk cabang voli pasir memang sulit diprediksi. Artinya setiap tim yang berlaga di PON masih memiliki peluang yang sama untuk meraih hasil maksimal," jelasnya.

Mengenai kekuatan tim di PON 2012, Burhanuddin menilai cukup merata. Namun pihaknya menilai jika tim Bali dan Jatim merupakan lawan yang sudah seharusnya diwaspadai.

"Dua atlet putra kita yakni Bayu dan Wawan pada dasarnya memiliki kemampuan yang cukup baik namun perlu didukung mental yang maksimal sehingga mampu bersaing," ujarnya.  (T.KR-DF/F003) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar