Selasa, 28 Maret 2017

Wabup Resmikan Gudang Pangan Gowa

id gowa, gudang pangan, abd rauf malaganni
Wabup Resmikan Gudang Pangan Gowa
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni (kiri) menyaksikan penandatanganan kerjasama antara DKP Kabupaten Gowa dengan Tim Penggerak PKK setempat di Kantor DKP Kabupaten Gowa, Jumat (10/3). (FOTO/Humas Gowa)
"Peresmian ini sebagai momentum, karena membuktikan perhatian pemerintah...
Sungguminasa (Antara Sulsel) - Wakil Bupati (Wabup) Gowa H Abd Rauf Malaganni meresmikan gudang cadangan dan lumbung baru untuk menampung pangan yang dibeli dari kelompok tani di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Peresmian ini sebagai momentum, karena membuktikan perhatian pemerintah dan peran serta masyarakat terhadap ketahanan pangan sangat besar," ujar Abd Rauf di Kantor Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Gowa, Jumat.

Sementara itu, Kepala DKP Kabupaten Gowa Hj Layla Azis Hamrat mengatakan, gudang cadangan pertama direalisasikan pemerintah setempat dengan kapasitas 100 ton sedang lumbung 60 ton.

"Gudang cadangan pangan pemerintah merupakan wadah untuk menampung cadangan pangan yang dibeli dari kelompok tani, kemudian disalurkan ke daerah rawan pangan pasca bencana, gejolak harga dan daerah terisolasi," ujarnya.

Hj Layla menambahkan, gudang lumbung dibangun di tiga kecamatan yaitu Pattallassang, Bontomarannu dan Tompobulu.

"Gudang ini diharapkan sebagai tempat penyimpanan padi atau bahan pangan lainnya yang dapat digunakan  masyarakat menghadapi masa paceklik," katanya.

Menurut dia, beragamnya kondisi alam, pembangunan, dan bertambahnya jumlah penduduk membutuhkan pencadangan pangan.

"Daerah perlu untuk melakukan sistem pencadangan dengan tujuan mengantisipasi kondisi darurat kerawanan pangan baik kronik maupun transien," kata Hj Layla yang juga pernah menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Gowa.

Terkait acara tersebut, Kepala DKP Gowa dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf melakukan penandatanganan kerjasama, yang merupakan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan pangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tahun anggaran 2017, dirangkaian peresmian aula DKP dan pelepasan benih ikan.

Undang-undang terkait ketahanan pangan menjelaskan tugas pemerintah untuk menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan. Salah satunya melalui pengadaan pencadangan nasional terdiri dari cadangan pangan pemerintah dan masyarakat.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga