Rabu, 16 Agustus 2017

PLTB Sidrap Pembangkit Listrik Terbesar Di Indonesia

id Pltb sidrap, pln sulselrabar
PLTB Sidrap Pembangkit Listrik Terbesar Di Indonesia
lustrasi-Deretan kincir angin untuk pembangkit listrik tenaga angin di Sumba Timur, NTT. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Makassar (Antara Sulsel) - Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap siap menjadi pembangkit listrik tenaga angin terbesar di Indonesia dengan kapasitas 70 megawatt (MW).

"PLTB tersebut masih dalam pengerjaan dan ditargetkan 2018 rampung dan siap beroperasi," kata General Manager PT PLN Wilayah Sulawesi Sulatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) Bob Syahril, di Makassar, Minggu.

Dia menyatakan, proyek PLTB pertama di Indonesia dan merupakan sumber energi terbarukan ini menjadi perhatian pemerintah, karena dapat menyumbang tenaga listrik yang cukup besar.

Daeraj ini juga memiliki pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Kabupaten Pinrang dengan kapasitas 126 MW yang masih aktif beroperasi saat ini.

Khusus mendukung pengerjaan proyek PLTB di Kabupaten Pinrang, saat ini sebanyak 15 rumah turbin dalam perjalanan dari Spanyol menuju

Pelabuhan Nusantara Parepare, Sulsel, dan direncanakan berlabuh pada 18 Agustus 2017.
Sebelumnya, Project Engineering Manager PT UPC Sidrap Dadan Suhendar mengatakan, untuk persiapan pengadaan turbin utama PLTB itu, sedang dilakukan penggalian untuk pengerjaan jalan di depan rumah jabatan wali kota Parepare pada Kamis (27/7).

"Modifikasi dilakukan untuk menyesuaikan kondisi jalan dengan truk khusus yang akan mengangkut komponen turbin PLTB Sidrap sepanjang bulan Agustus hingga Oktober 2017," katanya lagi.

Pada saat bersamaan juga dilakukan pengerjaan dermaga Pelabuhan Nusantara Parepare yang nantinya akan menjadi tempat pembongkaran muatan PLTB Sidrap, sebelum diangkut ke lokasi di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga