BSN - Pempov Sulsel Luncurkan IQE Ke-5

id bsn, pemprov sulsel, iqe

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Hadi Basalamah (kiri) didampingi Kepala Biro Hukum Organisasi dan Humas BSN Budi Raharjo (kanan) saat peluncuran IQE ke-5 di Makassar Rabu (26/7). (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Makassar, (Antara Sulsel)  - Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan melalui Dinas Perdagangan meluncurkan program Indonesia Quality Expo (IQE) ke-5 yang akan digelar pada 24-26 Oktober 2017 di Makassar.

"Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Bulan Mutu Nasional atau BMN serta Hari Standar Dunia yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh BSN bersama stake holder," kata Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN Budi Rahardjo di Makassar, Rabu.

Ia menambahkan kegiatan BMN yang dipusatkan di Hotel Clarion Makassar itu selain diisi pameran IQE, juga dimeriahkan dengan berbagai acara lain di antaranya Seminar Nasional Standardisasi,

Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS).

Selanjutnya, pertemuan teknis laboratorium dan lembaga inspeksi, Talk Show Role Model UKM Penerapan SNI, bahkan kegiatan Bulan Mutu Nasional ini juga dirangkaikan dengan pencanangan Gerakan Nasional UMKM SNI di Indonesia Timur untuk menembus ekspor.

Budi mengatakan kegiatan BMN ini akan diikuti para pemangku kepentingan di seluruh Indonesia, dan khusus pameran IQE tahun ini menargetkan 70 stand.

Kegiatan ini akan diikuti oleh pemangku kepentingan BSN, baik dari perusahaan, lembaga penilaian kesesuaian, asosiasi, perguruan tinggi, maupun pemerintah daerah dan pusat. Rencananya Presiden Joko Widodo akan membuka acara tersebut," ujarnya.

Ia juga menyebutkan banyak pihak yang sudah menyatakan minat untuk mengikuti IQE di antaranya PT Siemens Indonesia, PT Pupuk Kaltim, PT Kencana Gemilang (MIYAKO), Pemprov Jawa Tengah, PT Pertamina Lubricants.

Selain itu, IAPMO, Balai Sertifikasi Indonesia (BSI), Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Jakarta, serta PT Antam UBPP Logam Mulia.

"Kami berharap stake holder standardisasi lainnya terutama kawasan Indonesia bagian timur dapat ikut ambil bagian dalam pameran IQE ini," ujar Budi.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel Hadi Basalah mengatakan penyelenggaraan Bulan Mutu Nasional di Makassar ini merupakan pertama kali diselenggarakan di luar Jakarta.

Tujuan kegiatan tersebut, kata dia, untuk mendekatkan pelaksanaan Bulan Mutu Nasional kepada komponen standardisasi di daerah, khususnya Kawasan Timur Indonesia, dan mendorong pertumbuhan infrastruktur standardisasi dan daya saing produk daerah, utamanya produk UMKM untuk menembus pasar ekspor.

"Ini juga sebagai bentuk apresiasi dan dukungan BSN kepada Pemrov Sulsel atas kepedulian, komitmen dan semangat dalam penerapan standardisasi bagi masyarakat Sulsel," paparnya.

Selain itu, kata dia, hal ini juga sejalan dengan akan diwujudkannya melalui pencanangan gerakan Sulsel ber-SNI yang di luncurkan Presiden Joko Widodo pada 3 Agustus 2015 di Makassar.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar