Delegasi Taiwan Diajak Ramaikan Internasional F8

Pewarta : id f8, taiwan, pemkot makassar

Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar mengajak delegasi Republik Rakyat Tiongkok (Taiwan) untuk turut serta dalam menyukseskan pagelaran seni, budaya dan hiburan "Makassar International Eight Festival and Forum (F8)".

"Pada bulan September nanti kita akan mengadakan kegiatan Makassar F8. Even bertaraf internasional yang kedua kalinya ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya dan kami harap para delegasi ini bisa berpartisipasi," Sekretaris Daerah Makassar Baso Amiruddin saat menerima kunjungan Delegasi Taiwan di Makassar, Sulawesi Selatan Senin.

Ia mengatakan pihaknya telah mengirimkan undangan resmi kepada lebih dari 100 kota besar di dunia dan mengharapkan pengunjung dari wisatawan mancanegara lebih dari 1.000 orang.

Kota-kota dari Tiongkok seperti Taiwan juga menjadi bagian dari 100 kota lainnya yang diundang langsung oleh Pemkot Makassar untuk meramaikan sekaligus ambil bagian.

"Jika ingin meramaikan boleh, apalagi kalau mau ambil bagian. Ada banyak kegiatan dan bisa dipilih beberapa di antaranya dan ini juga sekaligus pertukaran seni dan budaya," katanya.

Dijelaskannya pada even Makassar F8 itu antara lain tema `fine art` akan menyajikan delapan kegiatan seperti perlombaan melukis bagi pelajar sekolah menengah pertama (SMP) hingga perguruan tinggi yang dilaksanakan di awal pembukaan even tersebut.

Selain itu tema pameran melukis bersama masyarakat sepanjang 200 meter selama lima hari yang diawali dengan melukis di atas kain sepanjang 40 meter.

Kegiatan Makassar F8 ini juga mengusung tema `live painting` yang dilakukan pada 10 titik dari ujung Jalan Haji Bau sampai Makassar Golden Hotel, selain ada `body painting` dilakukan pada tiga titik anjungan Pantai Losari dengan tema "Pahlawan".

Selanjutnya direncanakan penyelenggaraan `fine art touring` di Pulau Lae-Lae dan Pulau Leang-Leang yang dimanfaatkan sebagai media promosi Makassar F8.

Baso menjelaskan masa pelaksanaan Makassar F8 tahun ini selama lima hari mulai 6-10 September 2017 atau lebih lama dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan selama tiga hari.

"Tahun ini kita gelar selama lima hari pada tempat yang sama di anjungan Pantai Losari," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan kegiatan Makassar F8 ini dapat menarik kunjungan wisatawan yang lebih banyak dari tahun sebelumnya karena berdasarkan pengalaman yang lalu jumlah pengunjung meningkat lima kali lipat dari target yang direncakanan sekitar satu juta orang.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar