Tiga Chef AFP Bekali Peserta Menu Kuliner

id Kuliner, chief afp, Anchor Food Professionals

Sigit Wijanarko (dua kanan), Corporate Communications Manager, PT Fonterra Brands Indonesia, Andriani Ganeswari (dua kiri), Chef Profesional Ny Liem, (kanan) saat konprensi pers Grand Demo AFP di Makassar, Kamis (16/11). (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Makassar (Antara Sulsel) - Fonterrra Brands Indonesia, melalui bisnis foodservice Anchor Food Professionals (AFP) menggelar Grand Demo dengan mengadirkan tiga chef ternama di Makassar, Sulawesi Selatan sekaligus membekali peserta menu-menu kuliner terbaru menggunakan bahan dari Anchor.

"Fonterra Brands Indonesia melihat potensi besar dalam bisnis foodservice Indonesia, terutama pelaku usaha kecil menengah di Makassar untuk berinovasi, beradaptasi dan mampu menghadapi tantangan pasar," kata Direktur Foodservice Fonterra Brands Indonesia Sigit Wijanarko di hotel Grand Clarion Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Menurutnya, kegiatan ini melibatkan chef terkemuka seperti Ny Liem dan in-house Advisory Chef Anchor Food Professionals, Chef Petrus Nugraha dan Chef Yus Adriana.

Kota Makassar, lanjut dia, dipilih karena terkenal dengan industri makanan dan minuman dengan sajian khas lokalnya, bahkan menjadi daya tarik food enthusiast hingga selebriti membuka bisnis kuliner di Makassar.

"Dikenal sebagai surga kuliner Indonesia dengan hidangan khas tradisionalnya, Makassar telah menjadi pusat kuliner baru di Indonesia, sangat adaptif dengan tren kuliner dan mampu berkreasi sesuai dengan selera konsumen. Ini sangat menjanjikan untuk produk olahan susu, yang menjadi bagian dari pola makan masyarakat Indonesia,"paparnya.

Selain itu pihaknya, berkomitmen dalam mendukung industri kuliner dengan memberikan wawasan serta inovasi dan riset berkelas dunia. Sehingga Grand Demo dilaksanakan untuk meraih peluang di Makassar dan berbagi pengalaman terbaik serta resep terkini dengan dibawakan para profesional di industri makanan dan minuman.

Dalam pelatihan itu, para chef berbagi kreasi menu terbaru dengan menggunakan produk-produk Anchor. Chef Petrus Nugraha menyajikan Creamy Pasta Aglio dan Bread Lasagna Tuna Rica, sedangkan Chef Yus Adriana, Advisory Chef Pastry dan Bakery Anchor Food Professionals, menunjukkan keahliannya dengan Crunchy Pineapple Cake, Butterstick, Passion Mousse, dan Kenari Tuille.

Sementara Chef tamu Ny Liem beraksi dengan Cheese and Butter Cake, Cupcake Cream Cheese, Lapis Legit Keju Slice Anchor, Kastangels Telur Asin, dan Roti Goreng Paha Ayam Keju Anchor.

Dengan semakin kompetitifnya bisnis kuliner, kata dia, para pemain industri makanan dan minuman tertantang untuk lebih kreatif lagi dalam menciptakan resep dan bahan-bahan yang diperlukan demi memenuhi selera konsumen yang cepat berubah serta bertahan dalam kompetisi kuliner.

"Melihat kedepannya, kami memprediksi sejumlah tren konsumen berdampak pada sektor makanan dan minuman di Indonesia, termasuk di Makassar. Hal pertama dinilai konsumen adalah mengenai kualitas dan premiumisasi, mereka mengharapkan makanan dengan bahan dasar berkelas premium dan alami yang menghasilkan hidangan yang lebih segar, sehat, dan dengan tampilan menarik,"katanya.

Selain itu, dengan gaya hidup masyarakat saat ini yang erat dengan kesibukan, konsumen membutuhkan sesuatu yang cepat disajikan dan tetap termasuk dalam kategori makanan sehat dan berkualitas tinggi.

Presentasi makanan juga merupakan tren lainnya yang akan mempengaruhi para pelaku industri untuk semakin kreatif karena konsumen Indonesia kini menginginkan pengalaman bersantap yang lengkap, termasuk kesan pertama pada penyajian, aroma, dan rasa.

Dengan tren ini, Anchor Food Professionals berharap dapat menyediakan informasi dan data yang sesuai dengan tujuan serta memberikan solusi bagi foodservice professionals dalam mengadaptasi tren terbaru dan resep untuk meningkatkan performa bisnis mereka," tambahnya.

Sementara Corporate Communications Manager, PT Fonterra Brands Indonesia, Andriani Ganeswari mengatakan, industri makanan dan minuman nasional mencatat pertumbuhan sebesar 9,46 persen pada triwulan ketiga tahun 2017, sehingga memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Sebagai perusahaan produk nutrisi susu dan turunannya yang berasal dari Selandia Baru, Fonterra Brands Indonesia telah mensuplai kebutuhan nutrisi susu terbaik untuk keluarga Indonesia selama lebih dari 30 tahun melalui brand Anlene, Anmum, Anchor Boneeto, dan Anchor,"ujarnya.

Fonterra Brands Indonesia, tambahnya, berkomitmen untuk memberikan kualitas tinggi bagi setiap produknya melalui prinsip Trusted Goodness?, dimana kami menjamin proses rantai pasokan mulai dari `rumput hingga ke gelas? berstandar kelas dunia.

"Komitmen tersebut yang memacu kami untuk terus mendorong potensi industri makanan dan minuman Indonesia serta menginspirasi keluarga Indonesia hidup maksimal dengan nutrisi susu yang terpercaya demi Indonesia yang lebih sehat, kuat, dan bahagia,"tambah Andriani.

Chef Profesional Ny Liem, pada kesempatan itu mengemukakan dirinya sangat bangga bisa menjadi bagian dari Anchor Food Professionals Grand Demo yan dilaksanakan di Makasssar.

Saya sangat bangga dapat bergabung dalam acara ini,merupakan kesempatan bagi saya dapat berbagi tips dan resep dengan para food professionals. Saya yakin para food professionals Makassar akan terus mengikuti tren kuliner baru dalam memperkuat posisi Makassar sebagai pusat kuliner di Indonesia Timur,"ucapnya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar