Morowali, Sulteng (ANTARA News) - Anak perusahaan kelapa sawit PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Agro Nusa Abadi (ANA) siap melibatkan masyarakat sekitar perusahaan untuk sama-sama tumbuh dan berkembang dalam program petani plasma.

"Kami sangat ingin dan berupaya agar masyarakat sekitar turut merasakan hasil positif dari perkebunan sawit PT ANA," kata Community Development Area Manager (CDAM) C2 PT ANA, B. Trianggoro saat berkunjung ke areal perkebunan perusahaan tersebut di Morowali, Sulteng, Senin.

Harapan perusahaan agar masyarakat mengalami kemajuan, menurutnya, juga dijalankan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Permentan No.26 tahun 2007 tentang Pedoman Usaha Perkebunan.

Luas lahan yang disiapkan untuk program plasma ini sekitar 1.300 hektar, sedangkan para petani yang akan dilibatkan berasal dari desa-desa yang bersentuhan langsung dengan kebun sawit PT ANA, seperti Bunta, Tompira, Bungintimbe, Towara, Molino, Mohoni, Pebooa dan Ungkea.

Seluruhnya terletak di Kecamatan Petasia Timur, Morowali, Sulteng. Saat ini program plasma PT ANA masih dalam tahap persiapan. Baik dalam hal validasi calon petani plasma maupun lahan.

"Kami harapkan program plasma ini bisa segera dinikmati masyarakat. Mudah-mudahan bisa tahun ini," ucap Trianggoro.

Sebelumnya, PT ANA juga berpartisipasi aktif dalam dalam menunjang perkembangan masyarakat sekitar perkebunan.

Program-program yang sudah dijalankan misalnya program Posyandu, bantuan prasarana dan sarana seperti jalan raya, jembatan, tempat ibadah dan lainnya ataupun program-program yang terkait dengan dunia pendidikan. 
(T.KR-DF/F003) 

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar