Timika (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, tahun 2012 tidak melakukan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS), kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mimika, Taslim Tuhuteru di Timika, Rabu.

Ia mengatakan, tidak adanya penerimaan CPNS di Mimika karena  pemkab setempat belum melengkapi tujuh dari 17 syarat yang diminta oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).

"Ada 17 syarat yang harus kami lengkapi dan dikirim ke Kemenpan untuk mendapat persetujuan untuk formasi CPNS di setiap daerah. Kami di Mimika, Provinsi Papua, dan Papua Barat tidak melengkapi persyaratan yang diminta itu sehingga penerimaan CPNS tahun ini ditangguhkan," jelas Taslim.

Menurut dia, saat ini Pemkab Mimika sudah mengirim 17 syarat yang diminta Kemenpan tersebut sehingga diharapkan tahun 2013 Kabupaten Mimika mendapatkan formasi pengangkatan CPNS.

Taslim mengatakan, jumlah PNS yang bertugas di Pemkab Mimika hingga tahun 2012 mencapai 3.995 orang. Bupati Mimika, Klemen Tinal telah menandatangani surat keputusan agar 437 tenaga honorer kategori satu (K1) yang akan diangkat menjadi CPNS untuk segera melengkapi berkas administrasinya hingga bulan Desember.

Ia juga meminta sikap proaktif masyarakat setempat soal data para tenaga honorer yang telah diumumkan ke publik melalui media massa lokal setempat beberapa waktu lalu. Jika masyarakat mengetahui ada honorer siluman yang secara nyata-nyata tidak pernah bekerja di salah satu instansi Pemkab Mimika agar melaporkannya secara resmi.

"Kami membutuhkan laporan tertulis dari masyarakat. Kadang-kadang masyarakat masa bodoh," tutur Taslim. (T.E015/F002)

Editor: Daniel
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasulsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar