Rabu, 23 Agustus 2017

SMP Binaan Astra Agro dianugerahi Adiwiyata

id Astra Agro Lestari
SMP Binaan Astra Agro dianugerahi Adiwiyata
Penghargaan Adiwiyata (Foto : Humas) (1)
"Meskipun ada di luar Jawa, kami memang berupaya menjadikan sekolah-sekolah binaan menjadi sekolah yang berkualitas,” ujar Joko Subagio,
Makassar, (Antara Sulsel) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyerahkan penghargaan tingkat nasional Adiwiyata kepada SMP Pasangkayu, sekolah binaan PT Astra Agro Lestari Tbk yang terletak di Mamuju Utara, Sulawesi Barat.  

"Selamat kepada para penerima Adiwiyata,” kata di hadapan para penerima Adiwiyata. 

Menurutnya, penghargaan ini merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. 

Penghargaan yang digagas Kementrian LHK dan Departemen Pendidikan ini menambah pengakuan pihak luar mengenai keseriusan SMP Pasangkayu dalam menjalankan sekolah yang baik, bermutu dan sesuai dengan standar serta kebijakan pemerintah. Misalnya, dalam hal penyelenggaraan sekolah berbasis lingkungan. 

Sebelum menerima penghargaan Adiwiyata ini, SMP yang didirikan perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro dan baru berusia 8 tahun tersebut juga pada 2013 lalu telah meraih predikat Sekolah Sehat dari Departemen Kesehatan yang bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional.

"Meskipun ada di luar Jawa, kami memang berupaya menjadikan sekolah-sekolah binaan menjadi sekolah yang berkualitas,” ujar Joko Subagio, 

Manager Departemen Pendidikan PT Astra Agro Lestari Tbk. Karena itu, menurutnya, perusahaan akan mendukung secara penuh upaya yang sekolah dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas. 

Secara internal, menurutnya, perusahaan juga aktif dan intensif serta terlibat penuh dalam operasional sekolah. Melalui komite sekolah, perusahaan turut membantu dalam menyiapkan kurikulum, peningkatan mutu para pendidik maupun penyediaan infrastruktur penunjang lainnya.

"Dukungan tersebut juga sangat terlihat dalam proses penilaian Adiwiyata ini,” kata Kartina, Kepala Sekolah SMP Pasangkayu yang sekaligus mengaku merasa sangat bersyukur serta bangga karena sekolah yang dipimpinnya berhasil meraih Adiwiyata. 

Pendidik yang sudah lima tahun bekerja di sekolah tersebut pun bertekad agar prestasi ini dapat dipertahankan di masa-masa yang akan datang. 
 

Editor: Agus Setiawan

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga