Rabu, 29 Maret 2017

PPP Godok Kandidat Pilgub Sulsel April 2017

id ppp, pilgub sulsel, muhammad romahurmuziy
"Saya sudah menerima masukan dari pengurus wilayah dan cabang PPP se-Sulsel untuk menghadapi pilgub mendatang...
Sungguminasa (Antara Sulsel) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) menyatakan akan menggondok calon kandidat yang diusung pada pemilihan gubernur (pilgub) Sulawesi Selatan 2018, mulai April 2017.

"Saya sudah menerima masukan dari pengurus wilayah dan cabang PPP se-Sulsel untuk menghadapi pilgub mendatang, maka tentu sesuai proses pilkada 2018, kita mulai April nanti," kata Ketua Umum DPP PPP Muhammad Romahurmuziy di Gowa, Minggu.

Usai mengikuti jalan santai bersama anggota DPR bertema "Bergerak Bersama Rakyat" di Lapangan Desa Patalassang Kabupaten Gowa, Sulsel, Romi--sapaan akrab Romahurmuzyi--mengatakan pihaknya akan menggodok calon kandidat gubernur itu sesuai aspirasi masyarakat.

Selain itu, kata dia, berkaca dari kepemimpinan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo selama dua periode dengan melihat perkembangan perekonomian daerah ini membaik, sehingga ia berharap ada kandidat bisa melanjutkan pembangunan di daerah yang berjulukan "Anging Mamiri" itu.

"Kendati belum ada nama-nama spesifik yang diajukan pengurus wilayah, namun sudah ada sejumlah nama yang disebut-sebut, tetapi belum diputuskan partai kami," ujarnya.

Menurut Romi, ada tiga kategori yang menjadi kriteria bakal calon gubernur yang akan diusung partai berlambang Ka`bah itu, yakni pertama memiliki integritas dan transparan, sebab tidak akan ada tempat bagi calon pemimpin bermasalan dengan hukum.

Kedua, mempunyai kapabilitas dan visioner, dan ketiga mempunyai elektabilitas yang dikenal luas oleh masyarakat, serta juga tidak terlibat dengan tindak pidana korupsi.

"Meskipun ada dua kategori dimiliki kandidat integritas dan kapabilitas, tetapi tidak punya elektabilitas serta tidak dikenal publik, tentu tidak masuk dalam penilaian partai," beber dia.

Menyinggung salah satu calon kandidat gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo yang merupakan adik kandung Syahrul Yasin Limpo, Romi mengatakan nama Ichsan Yasin Limpo masuk dalam daftar godokan kandidat nanti karena tercatat sebagai pemimpin Kabupaten Gowa dua proide dengan kinerja baik.

Selain juga, lanjut dia, ada nama Nurdinn Abdullah kini masih menjabat Bupati Bantaeng dua periode, masuk penilaian dengan melihat kinerjanya baik selama menjabat.

"Ada beberapa sudah `sounding` dan permisi, tapi sekali lagi dikatakan akan resmi pada April nanti antara lain Ichsan dan Nurdin," ujarnya.

Pada kesempatan itu Romi yang juga anggota Komisi XI DPR RI ini mengatakan partainya juga tetap mendorong kadernya untuk maju Pilgub nanti, baik sebagai calon gubernur atau wakil gubernur.

"Kami masih mengelus-elus kader yang memiliki potensi dengan tiga kriteria itu yakni integritas, kapabilitas dan elektabilitas, dan jika mereka bisa memenuhi kriteria itu, maka PPP akan akan memprioritaskan kader," ujarnya.

Ia juga berharap calon pemimpin Sulsel ke depan bisa merangkul semua kalangan.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga