Selasa, 28 Maret 2017

Pemkab Gowa Gelar Diklat Teknis Pelayanan Publik

id gowa
Pemkab Gowa Gelar Diklat Teknis Pelayanan Publik
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Mallagani Kr Kio saat memberikan sambutan pada pembukaan Diklat Teknis Pelayanan Publik di Sungguminasa, Selasa. (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin)
Sungguminasa (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) teknis pelayanan publik yang diikuti sebanyak 40 pegawai perwakilan dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Mallagani Kr Kio di Sungguminasa, Selasa mengatakan kegiatan diklat bagi para aparatur sipil negara untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Selain itu, lanjut Rauf, juga diharapkan agar mampu memberikan pemahaman dasar dan keterampilan teknis mengenai sistem pelayanan publik yang baik dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, serta tersedianya tenaga pegawai yang memiliki kemampuan dalam pelayanan publik pada masing-masing OPD.
Rauf menambahkan kegiatan diklat pelayanan teknis ini juga untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap agar dapat melaksanakan tugas secara profesional yang dilandasi kepribadian dan etika pegawai negeri sipil sesuai kebutuhan instansinya.
"Peserta diharapkan mampu menciptakan optimalisasi prinsip - prinsip pelayanan prima dengan baik dan benar, mampu memberikan pelayanan maksimal sesuai kebutuhan masyarakat, baik dalam pelayanan langsung maupun tidak langsung karena pelayanan prima merupakan strategi dalam mewujudkan budaya kualitas dalam pelayanan publik.
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gowa Chairul Natsir mengatakan para pegawai yang mengikuti diklat ini tidak hanya mampu menciptakan optimalisasi tetapi harus mampu menunjukkan komitmen yang tinggi.
"Komitmen itu harus ditunjukkan dengan pemberian pelayanan kepada masyarakat, tetapi benar-benar membekali diri dalam memberikan `excellent service atau costumer care` dalam dunia birokrasi pada lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa," ujarnya.
Kegiatan diklat ini melibatkan tenaga widyaiswara dari Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II LAN Makassar (PKP2A II LAN) yang diikuti oleh 40 peserta dari perwakilan masing-masing OPD, termasuk pemerintah kecamatan yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik.

Editor: Laode Masrafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga