Kamis, 29 Juni 2017

UMI Paparkan Profesi Insinyur Bagi Rektor se-Sulawesi

id umi, profesi insinyur, forum rektor
UMI Paparkan Profesi Insinyur Bagi Rektor se-Sulawesi
Dekan FTI UMI Makassar Ir H Zakir Sabara HW, ST MT IPM ASEAN Eng memaparkan program profesi insinyur pada Rakerwil Kopertis Wilayah IX di Kendari, Sultra, Sabtu (20/5). (FOTO/Dokumentasi)
Makassar (Antara Sulsel) - Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Ir H Zakir Sabara HW, ST MT IPM ASEAN Eng memaparkan tentang program profesi insinyur dihadapan para rektor se-Sulawesi.

"Itu adalah forum rektor, Forum Rapat Kerja Wilayah IX Sulawesi yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara. Saya diundang untuk memaparkan program profesi insinyur," ujar Zakir Sabara melalui sambungan telepon dari Makassar, Sabtu.

Kegiatan yang dihadiri para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) dan Ketua Badan Penyelenggara PTS se- Sulawesi ini menyampaikan materi Sosialisasi Program Profesi Insinyur.

Dikatakannya, Program Profesi Insinyur merupakan amanat Undang-Undang Keinsinyuran Nomor 11 Tahun 2014 untuk menghasilkan insinyur yang profesional dan terdaftar di perguruan tinggi.

Program Profesi Insinyur merupakan salah satu program andalan yang ada dilingkup Kopertis wilayah IX Sulawesi dan hanya ada di UMI.

"UMI Makassar yang pertama di Sulsel, bahkan di Indonesia Timur dan menjadi pionir dalam menjalankan profesi insinyur ini," katanya.

Alumni FTI ini menjelaskan bagaimana awal proses pendirian program profesi insinyur, dari 40 PTN dan PTS se-Indonesia yang mendapat mandat persiapan penyelenggaraan pada awal April 2016 ditetapkan hanya empat perguruan tinggi dan salah satunya adalah UMI yang merupakan satu-satunya PTS di luar jawa.

"Dan Alhamdulillah, sejak berproses di januari 2017, tanggal 7 mei 2017, kemarin telah mewisuda sebanyak 23 putra-putri terbaik," jelasnya.

Zakir dihadapan peserta Rakerwil yang juga dihadiri koordinator kopertis wilayah IX Prof Dr Ir Hj Niartiningsih, menguraikan persyaratan dan proses pembukaan program profesi insinyur tersebut.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar yang juga menjadi peserta Rakerwil merasa berbangga PSPPI UMI yang dikelola oleh FTI menjadi kebanggaan UMI dan masyarakat Sulawesi Selatan.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga