Presiden China berduka untuk korban gempa Sulteng

id xi jinping,presiden china,gempa palu,gempa bumi,tsunami

Presiden China Xi Jinping (kanan) saat memimpin upacara peletakan karangan bunga mengenang jasa pahlawan di Lapangan Tiananmen, Beijing, Minggu (30/09/2018) menjelang Hari Nasional China yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

         Beijing (Antaranews Sulsel) - Presiden China Xi Jinping menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

         Dalam pesannya yang dikirimkan kepada Presiden RI Joko Widodo, Minggu, Presiden Xi mengaku terkejut begitu mengetahui kuatnya guncangan gempa yang diikuti oleh tsunami menerjang wilayah Indonesia itu hingga menimbulkan banyaknya korban jiwa dan merusakkan sejumlah bangunan.

         Atas nama pemerintah dan rakyat China serta atas nama pribadi, Xi menyampaikan belasungkawa kepada korban dan bersimpati kepada keluarga korban serta masyarakat yang terdampak bencana tersebut.

         Dengan menyebut Indonesia sebagai tetangga yang baik bagi China, Xi mengatakan bahwa rakyatnya turut bersedih dan siap memberikan bantuan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

         Presiden China optimistis bahwa di bawah kuatnya kepemimpinan Presiden Jokowi dan jajaran pemerintahannya, rakyat Indonesia mampu mengatasi persoalan pascabencana tersebut, tulis Kantor Berita Xinhua.

         Provinsi Sulteng diguncang gempa secara beruntun dengan kekuatan bervariasi 6,0; 7,4; dan 6,1 Skala Richter, Jumat (28/9).

         Sampai saat ini jumlah korban meninggal dunia mencapai 832 orang dan 540 orang mengalami luka-luka, serta 16.732 orang melarikan diri saat bencana itu terjadi.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar