Dinkes Sulsel rutin cek kondisi kesehatan pengungsi

id gempa sulteng,dinkes rutin cek kesehatan pengungsi

Tim Dinas kesehatan Sulsel berbincang dengan tim relawan pengungsi di Asrama Haji Sudiang Makassar, Rabu (10/10). Tim dari Dinas Kesehatan Sulsel fokus memantau kondisi para pengungsi sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing. (Antaranews Sulsel/Abd Kadir/18)

Jadi kami disini bertugas bergiliran untuk mengecek kondisi kesehatan para korban gempa. Apakah ada yang butuh penanganan kesehatan dan sebagainya
Makassar (Antaranews Sulsel) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan terus secara rutin melakukan pengecekan kondisi para pengungsi di berbagai tempat penampungan khususnya di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Tim Dinkes Sulsel Debsi Pattilima di Makassar, Rabu, mengatakan sudah bertugas di Asrama Haji sejak awal kedatangan para pengungsi hingga hari ini untuk memberikan jaminan bantuan kesehatan bagi korban.

"Jadi kami disini bertugas bergiliran untuk mengecek kondisi kesehatan para korban gempa. Apakah ada yang butuh penanganan kesehatan dan sebagainya," ujarnya.

Ia menjelaskan, para korban gempa dan tsunami yang datang atau ditempatkan di Asrama Haji secara umum dalam kondisi baik. Namun ada pula sebagian yang membutuhkan pengamanan medis sehingga perlu mendapatkan penanganan.

"Kami fokus mengecek kesehatan para pengungsi. Apakah ada masalah kesehatan yang harus dirujuk, maka kami akan memfasilitasi," ujarnya.

Kita sejak awal sudah bekerja bersama-sama dengan Tagana (Taruna Siaga Bencana) untuk membantu para korban.Namun kami tentunya lebih fokus pada masalah kesehatan para pengungsi," lanjut dia.

Sekretaris Penanganan Pengungsi Asrama Haji Sudiang Ahyan dalam kesempatan itu juga berharap agar Diskes Sulsel dapat menyiapkan tenaga medis atau dokter yang siap 24 jam di posko tersebut.

"Kita khawatir jika membutuhkan bantuan medis pada malam hari tapi dokter tidak ada yang stand by. Kita berharap ada dokter siaga 24 jam," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Amirullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar