Wali Kota Makassar luncurkan 10 SMPN baru pada peringatan Hardiknas

id hardiknas makassar,wali kota makassar,wakil wali kota makassar,hari pendidikan nasional,kadis pendidikan ,lapangan kareb

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (kiri) bersama Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI (tengah) memberikan penghargaan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muslimin Bando (kanan) disela upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/4/2019). (ANTARA/HO/Humas Pemkot Makassar/.M Darwin Fatir)

Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meluncurkan 10 sekolah menengah pertama negeri (SMPN) berbasis kecamatan bertepatan dengan momentum memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 April 2019.

"Peluncuran 10 SMPN baru ini tanpa mengeluarkan biaya besar dalam hal pembebasan lahan, pembangunan gedung, penyediaan sarana pembelajaran bahkan tanpa mengangkat guru dan tenaga kependidikan yang baru," kata dia saat upacara Hardiknas di lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Salah satunya yang menjadi perhatian adalah SMPN 46 dan SMPN 47 terletak di Kecamatan Makassar. 

Wali Kota Makassar yang biasa disapa Danny Pomanto berterima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Rahman Bando yang telah berhasil menghadirkan dua SMPN di Kecamatan Makassar.

"Dulu di Kecamatan Makassar tidak ada SMPN, sekarang berkat kerja keras pak kadis pendidikan Makassar warga di sana berbahagia karena sudah bisa bersekolah di daerahnya sendiri," sebut Danny.

Selain itu, dia juga mendorong para guru untuk terus mengembangkan sumber daya manusianya dengan tetap mengasah kemampuan dan melek teknologi di era informasi teknologi yang tengah berkembang.

"Pendidikan hari ini membuat kita sadar sebagai pendidik agar terus mengupdate ilmu yang dimiliki. Sebab, tantangannya semakin besar, generasi Z yang kita hadapi butuh pendampingan lebih. Inilah tantangan pendidikan nasional saat ini," harapnya.

Bahkan dalam sambutan seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakan Danny, saat ini peserta didik kita didominasi generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.

Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan pada guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan seperti keluarga, sekolah dan masyarakat.

"Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan," ujar pria berlatarbelakang arsitek dan mantan staf ahli perencanaan Kota Makassar itu.

Dalam peringatan Hardiknas dipusatkan di lapangan Karebosi, sejumlah siswa di Kota Makassar hadir mempersembahkan beberapa parade seperti tarian, fashion show, gerakan Pramuka, dan pembacaan sepenggal puisi untuk Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal dibawakan siswa SMPN di Kota Makassar.

Puisi ini dipersembahkan untuk mereka berdua di penghujung akhir jabatannya. “Terima kasih pak Wali dan Wawali. Berkat kalian pendidikan di Makassar semakin maju. Kalian pahlawanku," sebut siswa ini.

Mendengar puisi itu nampak mata Danny berkaca-kaca. Usai pembacaan puisi Danny dan Deng Ical langsung memeluk dan menyalami para siswa tersebut.

Berikut 10 SMPN baru yang diluncurkan 

1. SMPN 46 Makassar,  jalan Gunung Latimojong

2. SMPN 47 Makassar, jalan Maccini Sawah

3. SMPN  48 Makassar, jalan Hertasning Blok E 4/1
4. 
4. SMPN 49 Makassar, jalan Syekh Yusuf

5. SMPN 50 Makassar, jalan Muhammadiyah

6. SMPN 51 Makassar, jalan Tamangapa V

7. SMPN 52 Makassar, jalan Urip Sumiharjo

8. SMPN 53 Makassar, jalan Samiun

9. SMPN 54 Makassar, jalan Saharaeng Daeng Sese 

10.SMPN 55 Makassar, jalan Andi Paturungi

 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar