23 peserta ikuti Festival Sandeq Race 2019 di Sulbar

id sandeq race,persiapan,23 peserta,Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat,Farid Wajdi,mandar

Perahu Sandeq (Foto Antaranews)

Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 23 peserta dipastikan akan mengikuti Festival Sandeq Race yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada 7-13 Agustus 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat Farid Wajdi di Mamuju, Rabu (31/7) mengatakan persiapan pelaksanaan lomba perahu layar tradisional Mandar itu sudah dilakukan jauh hari sebelumnya.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya, nanti mendekati hari H baru disampaikan kepada peserta tetapi pada tahun ini persiapan pelaksanaannya sudah kami lakukan jauh-jauh hari sebelumnya," kata Farid Wajdi.

Festival Sandeq Race merupakan kegiatan budaya bahari Sulawesi Barat yang setiap tahun dilaksanakan.

Lomba perahu layar tradisional suku Mandar tersebut dilaksanakan secara marathon melalui beberapa etape dan lomba segitiga, dimana di setiap etape diisi beberapa rangkaian kegiatan di darat (teras sandeq) dengan start dari Kabupaten Polewali Mandar dan finis di Kebupaten Mamuju.

Pelaksanaan Sandeq Race tahun ini, lanjut Farid Wajdi, juga akan lebih banyak menggerakkan masyarakat.

Namun, hadiah yang disiapkan pada Sandeq Race 2019, tambah Farid Wajdi, jumlahnya sama, yakni untuk Juara I akan mendapatkan hadiah Rp30 juta, Juara II Rp25 juta dan Juara III akan mendapatkan Rp20 juta.

"Untuk peserta di urutan 10 ke bawah, akan mendapakan hadiah masing-masing Rp10 juta. Jadi, hadiahnya tetap sama seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya," terang Farid Wajdi.

Ia berharap, pelaksanaan Sandeq Race 2019 tersebut dapat memberikan dampak, baik secara ekonomi yakni melalui peningkatan kunjungan wisatawan juga pada pelestarian budaya.

"Ajang Sandeq Race merupakan atraksi budaya yang berpotensi mendatangkan keuntungan secara ekonomi, baik bagi masyarakat maupun pada pemerintah melalui kunjungan wisatawan," kata Farid Wajdi.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar